Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Canjica Khas NTT

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Canjica Khas NTT – Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan zat besi selain telur, bayam dan kangkung. Makanan ini sangat nikmat disantap, baik itu direbus maupun dibakar. Menyantap jagung sendiri merupakan kebiasaan yang sudah ada sejak dulu, manakala jagung digunakan juga sebagai pengganti nasi.

Rasanya yang mengenyangkan itulah yang membuatnya digemari masyarakat yang mungkin saja sedang bosan menyantap nasi. Bahkan, banyak di antara mereka termasuk warga Nusa Tenggara Timur yang menjadikannya nasi jagung. Namun, bila ingin mengolahnya dengan cita rasa manis bisa menggunakan resep canjica khas NTT ini.
Canjica Khas NTT
Canjica Khas NTT 
Sebenarnya selain efek mengenyangkan, apa sih manfaat dari jagung itu? Sudah disebutkan di atas, bahwa bahan makanan ini mengandung zat besi. Zat besi sendiri memiliki manfaat yang begitu banyak, beberapa di antaranya adalah mencegah serta menyembuhkan anemia atau kekurangan darah, meningkatkan metabolisme, membantu pembentukan enzim dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama dengan hidangan lezat seperti resep canjica khas NTT.

Tidak begitu ribet, kok membuatnya di rumah. Terutama untuk ibu hamil yang sedang malas-malasnya keluar rumah buat beli camilan. Cukup duduk di dapur dan menyiapkan bahan-bahan seperti jagung, susu kental manis, gula pasir, garam, kayu manis bubuk dan vanili. Bahan-bahan resep canjica khas NTT tersebut sudah barang tentu wajib ada di dapur, kan? Jadi, Anda tidak perlu keluar untuk membelinya.

Selanjutnya, baru diolah, deh sesuai langkah-langkah pada resep ini. Dijamin tidak perlu jalan kesana kemari apalagi menyalakan kompor, kok. Coba langsung saja, yuk resep canjica khas NTT.

Bahan Membuat Canjica


  • 5 buah jagung biasa
  • 2 ons gula pasir
  • 100 ml susu kental manis vanila
  • 400 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh vanili
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk

Cara Membuat Canjica


  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan di atas sesuai takaran sebelum memulai membuat hidangan canjica
  2. Kedua, cuci bersih jagung yang akan diolah dan parut.
  3. Lalu, campurlah parutan jagung dengan susu kental manis vanila, gula pasir, garam dan air secukupnya
  4. Kemudian, aduk hingga tercampur rata dan mengental bersama susu. Lakukan terus hingga gulanya larut juga
  5. Selanjutnya, saring dan beri vanili. Aduk kembali
  6. Terakhir, sajikan canjica di mangkuk atau mug saji dan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Sayur Asem Khas Tegal
Hidangan resep canjica khas NTT di atas bisa Anda gunakan sebagai camilan ketika berkumpul dengan sahabat dan orang terkasih. Canjica juga bisa, lho dijadikan sarapan yang mengenyangkan. Rasanya yang manis dan super lezat membuat Anda tidak ingin berhenti menikmatinya. Ajak orang terdekat Anda untuk mengolahnya kembali di lain waktu. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D