Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Es Kuwut Khas Bali

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Es Kuwut Khas Bali – Sebelumnya kami telah memosting berbagai artikel resep yang membahas masakan khas Indonesia, termasuk Pulau Dewata, Bali. Beberapa di antaranya adalah ayam pelalah, baro-baro dan be pasih mepanggang. Makanan-makanan tersebut sangat lezat dan digemari masyarakat sekitar. Namun, membahas makanan khas saja kurang lengkap rasanya, harus ada sesuatu spesial yang menemaninya.

Ya, minuman segar tentunya. Minuman khas Bali yang sangat disukai para wisatawan adalah es kuwut. Minuman dengan resep es kuwut khas Bali ini memiliki rasa yang segar, karena berbahan utama daging buah kelapa muda, melon dan selasih yang dihidangkan bersama air kelapa serta air jeruk nipis. Itulah asal usul namanya, dimana kuwut dalam bahasa Bali artinya es kelapa. Es kelapa di pantai-pantai mungkin rasanya sama saja, tapi es kuwut khas Bali bakal bikin Anda ketagihan.
Es Kuwut Khas Bali
Es Kuwut Khas Bali 
Sudah disebutkan bahan-bahannya sebelumnya, jadi kami tinggal mengulas manfaat salah satunya. Kali ini kami akan memberikan manfaat air kelapa dalam resep es kuwut khas Bali untuk kesehatan, yaitu menghilangkan dehidrasi, mencegah penuaan dini serta meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat bahan-bahan makanan lainnya, bisa Anda intip di sini!

Selain melon, buah yang bisa digunakan untuk membuat es kuwut adalah leci. Kalau dengan melon, kan akan menghasilkan warna hijau. Namun, bila memakai leci, warnanya jadi lebih cerah karena ada ‘merah’ nya. Resep es kuwut khas Bali akan semakin segar bila disajikan dengan es batu, lho. Yuk, bagi yang sudah penasaran bisa melanjutkan bacaannya di bawah!

Bahan Es Kuwut


  • 1 buah kelapa muda
  • ¼ buah melon
  • Biji selasih secukupnya
  • 5 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 600 ml air kelapa
  • Gula pasir secukupnya
  • Air biasa secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kuwut


  1. Pertama, siapkan bahan-bahan di atas dengan lengkap sebelum mulai mengolah es kuwut
  2. Kedua, rebus gula pasir yang takarannya sesuai selera dengan sedikit air. Biarkan larut lalu dinginkan dan sisihkan
  3. Lalu, kerok daging buah kelapa dan melon. Taruh dalam mangkuk
  4. Kemudian, tambahkan biji selasih dan tentu saja air kelapa muda.
  5. Selanjutnya, campur dan aduk semuanya sampai rata. Beri perasan jeruk nipis dan air gula secukupnya
  6. Terakhir, hidangkan segera bersama es batu.

Baca Juga : Resep Membuat Es Dawet Beras Aci Khas Tegal
Terlalu segar kalau kata kami! Memang sangat disayangkan kalau minuman ini hanya ada di Bali, karena masyarakat Indonesia yang belum tahu bakal rugi belum pernah mencicipinya. Tapi, karena ada resep es kuwut khas Bali, semua jadi mudah! Bakal lengkap hidangan berbuka puasa kali ini! Jangan lewatkan resep minuman segar lainnya di sini, ya! Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D