Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Kue Jorong-Jorong Khas Kalimantan Barat

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Jorong-Jorong Khas Kalimantan Barat – Banyak sekali kue khas Indonesia yang penyajiannya dengan dibungkus daun pisang atau dibuat takir dari daun pandan, salah satunya adalah jorong-jorong. Jorong-jorong merupakan nama kue atau jajanan tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Kue ini dibuat dengan cara dikukus. Bahan utama pembuatannya adalah tepung beras, tepung sagu, santan dan garam.

Rasa dan aromanya sangat menggugah selera. Bisa dibilang aroma santan dan daun pandan berpadu jadi satu di sini. Kalau rasanya, sih sudah pasti enak. Teksturnya lembut dan begitu masuk ke mulut akan ada sensasi rasa gurih serta manis. Rasa gurihnya berasal dari campuran tepung beras dan santan pada resep kue jorong-jorong khas Kalimantan Barat.
Kue Jorong-Jorong Khas Kalimantan Barat
Kue Jorong-Jorong Khas Kalimantan Barat 
Sedangkan rasa manisnya berasal dari taburan gula pasir. Porsinya sama dengan lemper atau nagasari, kok jadi satu takir saja akan langsung membuat Anda kenyang. Tapi, sebenarnya bagaimana sih membuat takir daun pandan versi resep kue jorong-jorong khas Kalimantan Barat? Ikuti langkah-langkahnya, ya.

Jadi, Anda harus menyiapkan daun pandan yang telah diguntingi melintang sampai tulang daunnya sepanjang, 3 cm, 4 cm, 3 cm, 4 cm, 3 cm (untuk daun yang lebarnya 3-4 cm). Apabila daunnya lebih lebar dan panjang, alasnya nanti bisa berlubang. Kalau lebih pendek juga tidak bisa dianyam. Sesuaikan dengan ukuran daunnya atau mengikuti resep kue jorong-jorong khas Kalimantan Barat ini.

Kalau sudah, baru ditekuk sesuai arah guntingannya. Semat dengan tusuk gigi atau lidi dan anyam bagian yang tak tergunting tadi secara selang-seling. Alas takir selesai dibuat, deh. Karena takir sudah siap digunakan, alangkah baiknya Anda langsung menyimak resep kue jorong-jorong khas Kalimantan Barat di bawah.

Bahan Kue Jarong-Jarong


  1. 1 ¾ ons tepung beras
  2. ¼ ons tepung sagu
  3. 1 ons gula pasir
  4. 800 ml santan, dari 1 ½ butir kelapa
  5. 3 lembar daun pandan besar, untuk takir
  6. 1 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Jarong-Jarong


  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue jorong-jorong khas Kalimantan Barat
  2. Kedua, ambil wadah untuk mencampur tepung beras, tepung sagu dan sekitar 300 ml santan. Aduk hingga merata
  3. Lalu, sisa santan yang tidak dicampur tadi bisa direbus hingga mendidih bersama garam. Angkat
  4. Kemudian, tuangkan ke dalam campuran tepung beras sambil diaduk rata pelan-pelan
  5. Selanjutnya, siapkan takir yang telah dibuat dan beri masing-masing dua sendok teh gula pasir
  6. Berikutnya, masukkan adonan ke dalamnya.
  7. Setelah itu, kukus jorong-jorong selama setengah jam
  8. Terakhir, angkat dan sajikan sebagai camilan siang Anda.

Baca Juga : Resep Membuat Es Cendol Khas Salatiga
Mudah sekali, kan membuat resep kue jorong-jorong khas Kalimantan Barat? Resep tersebut akan menghasilkan 10 takir kue jorong-jorong, lho. Sangat cocok dihidangkan ketika ada acara keluarga atau sekedar untuk camilan di sore hari. Santai belum lengkap tanpa kopi hitam dan kue jorong-jorong. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D