Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Kue Rambut Khas NTT

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Rambut Khas NTT – Jajanan atau camilan khas Indonesia memang banyak. Masing-masing juga memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi bahan, cara pengolahan maupun penyajiannya. Terkadang ada yang unik, enak, menarik dan bahkan aneh. Salah satunya yang harus Anda coba adalah kue rambut.

Kue rambut atau jawada merupakan camilan khas Pulau Alor dan Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jajanan ini bentuknya unik, mirip seperti mie bihun atau soun yang digoreng kering dan bergelombang. Bentuknya seperti gumpalan rambut keriting. Dengan aroma yang sangat khas, antara tepung dan gula merah dari resep kue rambut khas NTT.

 Kue Rambut Khas NTT
 Kue Rambut Khas NTT
Bahan utamanya memang tepung beras yang dicampur dengan tapioka, gula palem, gula pasir dan nira. Semua bahan dicampur agar menjadi adonan yang teksturnya pas. Supaya bentuknya seperti yang diinginkan dalam resep kue rambut khas NTT, yaitu gumpalan rambut, ada cetakan tertentu yang bisa dipakai. Cetakan tersebut berbahan kaleng susu yang bagian dasarnya dilubangi agar seperti saringan.

Untuk membuatnya dengan resep kue rambut khas NTT cukup mudah, yaitu dengan meneteskan adonan pada wajan berisi minyak panas. Setelah itu, gerak-gerakkan cetakan agar membentuk tumpukan rambut. Dalam menggorengnya juga harus hati-hati dan sabar, supaya mendapatkan tekstur yang renyah dari kue jawada. Jika sudah matang, baru ditiriskan dan disajikan. Penasaran, ya? Langsung saja, yuk simak kelanjutan resepnya di bawah!

Bahan Kue Rambut


  • Tepung beras secukupnya
  • Nira secukupnya
  • Gula palem secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Rambut


  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan di atas menurut takaran Anda sendiri.
  2. Kedua, ambil wadah untuk mencampur tepung beras dengan nira. Masukkan gula palem dan garam secukupnya
  3. Lalu, aduk sambil diberi air. Adonan tidak boleh terlalu kental maupun terlalu encer, jadi harus pas konsistensinya
  4. Kemudian, ciduk adonan dengan sendok sayur atau cup dan tuang ke dalam cetakan kaleng.
  5. Selanjutnya, kucurkan adonan yang keluar dari lubang cetakan dalam minyak panas. Pastikan membentuk lingkaran dan menjadi satu
  6. Berikutnya, lipat menjadi empat lalu goreng dengan api sedang.
  7. Setelah kering dan matang, angkat. Ulangi proses ini hingga adonan habis.
  8. Terakhir, sajikan kue rambut di toples dan jadikan camilan kesukaan Anda

Baca Juga : Resep Membuat Kuwe Apen Khas Madura
Camilan dari resep kue rambut khas NTT ini sering disuguhkan ketika ada upacara-upacara adat. Kue jawada juga menjadi oleh-oleh dari kedua Pulau Alor dan Flores. Sekarang Anda tidak perlu ke sana untuk mencicipi kelezatannya. Langsung buat sendiri di rumah dengan resep ini, karena sangat mudah dipraktekkan. Yuk, isi toples lebaran dengan kue rambut. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana