Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Lawar Ikan Teri Khas NTT

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Lawar Ikan Teri Khas NTT- Warga Nusa Tenggara Timur pasti tahu makanan ini. Ya, lawar ikan teri atau sushi-nya orang Timur ini memang fantastis. Kenapa dikatakan sushi? Sebab, bahan utama pembuatan lawar ini adalah ikan teri yang masih mentah. Harus ikan teri yang segar, lho tidak boleh memakai sembarang ikan.

Masyarakat NTT sudah terbiasa sarapan dengan hidangan ini. Tidak menjijikkan, kok. Malah rasanya sangat enak. Teri yang dipakai, meskipun mentah, tidak amis. Teri yang Anda pakai mempengaruhi rasanya. Karena semakin segar terinya, maka bau amisnya pun juga tidak ada. Dalam mengolahnya dengan resep lawar ikan teri khas NTT, isi perutnya harus dikeluarkan.

Lawar Ikan Teri Khas NTT
Lawar Ikan Teri Khas NTT
Rasa masakan ini komplit antara pedas, asam dan gurih. Cabai yang memberi rasa pedas pada resep lawar ikan teri khas NTT ini bukan cabai biasa. Orang sana lebih suka menyebutnya ‘lombok padi’, walaupun kecil tapi pedasnya jangan ditanya. Cabai ini pedasnya sama dengan empat cabai biasa yang Anda temui di pasar tradisional!

Selain cabai, bahan lain yang digunakan dalam resep lawar ikan teri khas NTT adalah bawang merah, daun bawang, daun kemangi, daun suba, garam, gula pasir dan tomat. Tidak digunakan semua juga tidak apa-apa, kok. Anda bisa men-skip salah satu atau menggantinya. Nah, kalau sudah mengikuti petunjuk resep dengan benar, baru lawar teri bisa disajikan.

Bahan Lawar Ikan Teri


  • ¼ kg teri nasi segar
  • 5 buah jeruk nipis, peras airnya

Bumbu Lawar Ikan Teri


  • 6 buah cabai rawit merah
  • 6 butir bawang merah
  • 1 batang daun bawang
  • 5 tangkai kemangi, petiki daunnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Daun siba secukupnya

Cara Membuat Lawar Ikan Teri


  1. Pertama, persiapkan bahan-bahan dan bumbu untuk mengolah lawar ikan teri mentah khas NTT
  2. Kedua, cuci ikan teri hingga bersih. Ambil dagingnya
  3. Lalu, iris-iris bawang merah, cabai rawit merah serta daun bawang.
  4. Kemudian, campur ikan teri dengan air perasan jeruk nipis. Simpan dulu di kulkas selama setengah jam
  5. Selanjutnya, kalau daging sudah putih dan matang bisa langsung dikeluarkan
  6. Berikutnya, aduk rata ikan teri dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti cabai rawit, bawang merah, daun bawang, daun siba dan garam serta gula pasir
  7. Terakhir, hidangkan di piring saji. Nikmati sebagai camilan atau lauk makan siang.

Baca Juga : Resep Membuat Krecek Teri Khas Purwakarta
Selesai sudah resep lawar ikan teri khas NTT. Makanan ini bisa disajikan dengan jagung bose atau bubur jagung bersantan. Dulu ada lawar hati sapi juga, lho. Tapi, masyarakat timur lebih menyukai lawar ikan teri, karena rasanya lebih alami dan gurih. Apapun pilihan Anda, selama memasaknya dengan resep dari kami pasti rasanya luar biasa. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana