Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Nasi Jagung Khas NTT

Advertisement
Advertisement

Resep Nasi Jagung Khas NTT – Nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Timur. Makanan yang terbuat dari buah jagung ini memang memiliki ciri khas tersendiri. Jagung yang digunakan biasanya jagung pipil atau jagung yang sudah tua. Anda bisa menemukannya di pasar tradisional dengan harga yang cukup murah.

Resep nasi jagung khas NTT biasanya dimasak biasa atau dicampur dengan nasi beras. Kenapa harus nasi jagung? Karena sejak dulu nasi jagung telah menjadi makanan pokok masyarakat timur. Tidak hanya di Indonesia Timur, di Jawa pun demikian. Kalau nasi putih rasanya hambar, tapi nasi jagung sedikit manis, gurih dan ada sensasinya tersendiri.
Nasi Jagung Khas NTT
Nasi Jagung Khas NTT 
Jadi, Anda bisa mengkonsumsi nasi jagung tanpa lauk maupun menambahkan aneka sayuran, ikan dan lauk lainnya. Tapi, yang paling penting adalah kandungan gizi dan manfaat yang diberikan hidangan resep nasi jagung khas NTT ini. Jangan salah, lho, nasi jagung memiliki nutrisi yang lebih tinggi dari beras biasa.

Ia kaya vitamin A, B1, B6, B12, C dan E, mineral mulai dari kalsium, fosfor, natrium, folat dan zinc serta serat. Gizi yang paling banyak terkandung dalam resep nasi jagung khas NTT adalah magnesium. Kegunaan magnesium, yaitu untuk mengurangi resiko penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Jadi, sudah tahu, kan kenapa penderita diabetes diharuskan makan nasi jagung?

Walaupun begitu, bagi Anda yang tidak cocok mengkonsumsi makanan berbahan jagung, akan menimbulkan flatus atau buang angin. Namun, jangan takut dulu. Anda bisa mengkonsumsinya dengan porsi yang tidak berlebihan. Hmm, daripada terlalu banyak basa-basi, lebih baik langsung menuju resep nasi jagung khas NTT saja! Proses pembuatannya sangatlah mudah, karena tidak memerlukan bahan lain, selain jagung giling atau tumbuk, beras putih dan air. Yuk, mari mencoba dan praktek di dapur masing-masing!

Bahan Nasi Jagung


  • ½ kg jagung, digiling
  • ½ kg beras putih
  • 1 liter air

Cara Membuat Nasi Jagung


  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan tersebut dan cuci jagung terlebih dahulu
  2. Kedua, rebus air hingga mendidih dan aron jagung giling di dalamnya
  3. Lalu, kukus jagung sampai matang
  4. Kemudian, kalau Anda ingin mencampurkannya dengan nasi juga bisa. Pada step sebelumnya, campurkan jagung dengan beras yang telah dicuci. Kukus bersama
  5. Selanjutnya, angkat dan sajikan di piring saji.

Baca Juga : Resep Membuat Catemak Jagung Khas NTT
Ketika sudah matang, hasilnya akan lebih kering dan lebih pera dari nasi putih biasa. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya dengan resep nasi jagung khas NTT ini adalah airnya. Sebab, jagung memiliki sifat banyak menyerap air, sehingga takarannya harus benar-benar diukur. Harus lebih banyak daripada memasak beras pada umumnya. Semoga membantu dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D