Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Sambal Belimbing Khas NTT

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Belimbing Khas NTT – Belimbing adalah buah yang mengandung air cukup banyak. Rasanya segar, apalagi kalau dibuat rujak dan disantap di siang hari. Belimbing yang diolah untuk sayuran adalah belimbing wuluh atau belimbing sayur. Coba icip-icip sayur yang menggunakan tambahan bahan belimbing, pasti rasanya segar dan sedikit asam.

Justru rasa asamnya itu yang membuat ketagihan. Di samping itu, belimbing wuluh juga bisa diolah dengan resep sambal belimbing khas NTT. Belimbing diolah jadi sambal? Apakah enak rasanya? Makanya, Anda harus mencobanya dulu sebelum men-judge rasanya. Namun, sebelum beralih ke bahan dan cara pembuatannya, simak dulu manfaat dan kandungan gizi buah belimbing wuluh berikut ini!
Sambal Belimbing Khas NTT
Sambal Belimbing Khas NTT 
Belimbing wuluh yang diolah dengan resep sambal belimbing khas NTT ini memiliki kandungan vitamin C, glukosid, asam format, tanin, peroksida, kalsium, saponin, sulfur serta kalium sitrat. Banyaknya kandungan gizi belimbing wuluh, membuatnya sangat berkhasiat dalam penyembuhan penyakit. Penyakit-penyakit tersebut seperti sakit gigi, batuk bahkan hingga gejala diabetes.

Untuk mengobati batuk, belimbing wuluh bisa dicampur adas, gula dan air serta ditim selama beberapa jam. Airnya dapat Anda saring dan diminum dua kali sehari ketika perut kosong. Sedangkan untuk mengobati diabetes, hanya perlu melumat dan merebus belimbing wuluh saja. Saring dan minum airnya dua kali sehari, seperti cara sebelumnya. Zat asam yang terdapat dalam buah belimbing dipercaya mampu menghilangkan dan menekan diabetes. Tapi, untuk memberikan sensasi tersendiri Anda bisa mengolahnya menjadi sambal. Terus simak resep sambal belimbing khas NTT di bawah ini agar rasa penasaran Anda terpuaskan!

Bahan Sambal Belimbing


  • 10 buah belimbing wuluh
  • 10 buah cabai rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 3 buah tomat
  • 2 buah jeruk purut, diiris halus
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Terasi secukupnya

Cara Membuat Sambal Belimbing


  1. Pertama, siapkan dulu bahan dan bumbu untuk membuat sambal belimbing di atas.
  2. Kedua, cuci bahan-bahan seperti belimbing wuluh, cabai rawit, bawang merah dan tomat sebelum diolah
  3. Lalu, uleg bahan yang telah dicuci hingga halus. Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.
  4. Kemudian, beri perasan jeruk nipis, jeruk purut yang telah diiris halus dan garam serta terasi
  5. Selanjutnya, aduk hingga rata dan sajikan

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Goreng Kentang Kacang Hijau Khas Semarang
Penggunaan terasi pada resep sambal belimbing khas NTT sebenarnya bisa di-skip. Sebab, tergantung selera, Anda ingin menggunakannya atau tidak. Coba saja membuat keduanya, sambal belimbing dengan terasi dan tanpa terasi. Bandingkan kelezatannya dan di lain waktu Anda bisa mengolahnya kembali mana yang paling enak. Selamat mencobanya dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D