Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Sambal Lu’at Khas NTT

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Lu’at Khas NTT – Satu lagi sambal yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, yaitu sambal lu’at. Sebelumnya kami telah membahas sambal belimbing yang rasanya pedas, asam dan segar. Keduanya tidak bisa dibandingkan, karena menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Sambal lu’at lebih simple, karena hanya perlu cabai rawit, jeruk nipis dan pelengkap berupa daun siba serta daun kemangi.

Sebelum berlanjut ke ulasan resep sambal lu’at khas NTT, Anda harus tahu manfaat salah satu bahan pembuatnya, yaitu daun kemangi. Konsumsi daun kemangi dapat membuat peredaran darah lancar. Sebab, terdapat kandungan magnesium yang membuat pembuluh darah dan jantung Anda terasa rileks.

Sambal Lu’at Khas NTT
Sambal Lu’at Khas NTT
Selain itu, kemangi mengandung beta karoten yang mampu menjaga kesehatan jantung. Beta karoten merupakan mineral yang sangat dibutuhkan jantung Anda. Manfaat lainnya, bisa mengobati sariawan, menjaga kekebalan tubuh dan mencegah kemandulan. Banyak juga, manfaat bahan pelengkap resep sambal lu’at khas NTT ini, ya.

Semua sambal kalau diolah dengan daun kemangi rasanya pasti berbeda. Ada aroma wanginya, rasa sedikit pahit tapi memuaskan. Nah, kalau diolah dengan resep sambal lu’at khas NTT ini lebih lagi. Karena rasanya memang ada pedasnya, asam dari potongan kulit jeruk dan wangi dari kemangi itu sendiri.

Biasanya sambal lu’at dihidangkan bersama se’i daging sapi. Selanjutnya, baru, deh disantap dengan jagung bose. Sambal lu’at dapat dibeli di toko oleh-oleh yang ada di Kota Kupang. Di Pantai Teddy’s, tepatnya berada di tengah kota Kupang, juga banyak ditemukan sambal lu’at. Tapi, kalau Anda ingin sekedar icip-icip saja, lebih baik buat sendiri di rumah dengan resep sambal lu’at khas NTT. Lebih praktis, kok dan juga hemat waktu serta biaya.

Mau tahu resepnya lebih lanjut? Simak langsung bahan-bahan dan proses pembuatannya hanya di resep sambal lu’at khas NTT.

Bahan Sambal Lu’at


  • 1 ons cabai rawit
  • 5 buah jeruk nipis
  • Satu genggam daun siba
  • Satu genggam daun kemangi
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Lu’at


  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan di atas. Cuci bersih sebelum diolah
  2. Kedua, iris tipis jeruk nipis dan uleg cabai rawit hingga halus
  3. Lalu, iris daun siba dan daun kemangi.
  4. Kemudian, campur semua bahan dan masukkan ke dalam toples bila sudah rata
  5. Selanjutnya, tunggu selama dua hari (kurang lebih) sebelum disantap supaya jeruknya tidak terasa pahit
  6. Berikutnya, sajikan bersama masakan favorit Anda. Selamat menikmati!

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Goreng Kentang Kacang Hijau Khas Tegal
Apabila daun siba dan daun kemangi layu, Anda bisa mengatasinya dengan menaburi garam lalu diremas-remas dan dibuang airnya. Oh, iya! Pelengkap resep sambal lu’at khas NTT ini bisa tahan selama 2 minggu. Jika dimasukkan dalam lemari pendingin malah akan tahan lebih lama. Selamat mencoba dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana