Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Sayur Lemak Campur Khas Kalimantan Barat

Advertisement
Advertisement

Resep Sayur Lemak Campur Khas Kalimantan Barat – Kalau sebelumnya ada sayur bening berbahan utama gambas atau oyong, sekarang yang akan dibahas adalah sayur berkuah santan alias berkuah kental. Namanya saja sayur lemak, pasti kuahnya kental, isiannya komplit dan membuat siapapun yang menikmatinya jadi kenyang!

Resep sayur lemak campur khas Kalimantan Barat memang memiliki isian yang cukup lengkap, yakni nangka muda, tempe, kacang panjang serta daun melinjo. Sayur lemak campur ini bisa dibilang jangan tewel-nya orang Pontianak. Karena dari segi tampilan hampir sama, sih. Oh, iya karena bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini cukup banyak, maka kami akan membahas manfaat dari dua bahan yang ada.
Sayur Lemak Campur Khas Kalimantan Barat
Sayur Lemak Campur Khas Kalimantan Barat
Yang pertama adalah manfaat dan kandungan gizi dari nangka muda. Manfaat tersebut adalah mampu meningkatkan imunitas, karena kandungan vitamin C sebagai antioksidan. Dan juga bisa menyehatkan serta melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam nangka yang diolah dengan resep sayur lemak campur khas Kalimantan Barat ini memang cukup tinggi.

Yang kedua, yaitu manfaat kacang panjang pada resep sayur lemak campur khas Kalimantan Barat. Kacang panjang ini ternyata juga memiliki sumber antioksidan, seperti buah nangka. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung agar tidak terserang penyakit-penyakit berbahaya dan komplikasi. Untuk manfaat dan kandungan gizi dari kacang panjang lainnya, Anda bisa membacanya disini!

Bahan Sayur Lemak Campur


  • 2 ons nangka muda
  • 1 ons tempe
  • 5 lonjor kacang panjang
  • ¼ ons daun melinjo
  • 2 liter santan, dari 1 butir kelapa

Bumbu Sayur Lemak Campur


  • 8 siung bawang putih, iris-iris
  • 12 butir bawang merah, iris-iris
  • 6 buah cabai hijau, iris menyerong
  • 4 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 4 ½ sendok teh garam

Cara Membuat Sayur Lemak Campur


  1. Pertama, Anda bisa mempersiapkan bahan-bahan di atas dengan cermat. Lakukan pemotongan terhadap nangka muda, kacang panjang dan tempe
  2. Kedua, kacang panjang dan nangka muda yang telah dipotong bisa dicuci. Sisihkan bahan pertama dan rebus bahan kedua hingga matang.
  3. Lalu, rebus santan bersama daun salam, bumbu iris dan lengkuas. Beri gula pasir dan garam, aduk sampai mendidih
  4. Kemudian, masukkan potongan nangka muda, kacang panjang dan tempe. Masak hingga keseluruhan bahan matang
  5. Selanjutnya, sebelum diangkat masukkan daun melinjo. Aduk rata sebentar dan matikan kompor
  6. Terakhir, tuangkan sayur lemak di mangkuk saji dan silahkan diicipi.

Baca Juga : Resep Membuat Megono Tenggiri Khas Pekalongan
Resep sayur lemak campur khas Kalimantan Barat di atas akan menghasilkan 8 porsi hidangan. Jumlah yang cukup untuk Anda dan keluarga. Memang benar, deh menyantap sayur lemak tanpa nasi putih sudah kenyang karena isiannya sangat komplit. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D