Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 02 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Mas

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Mas – Ikan mas adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Ikan ini ternyata bisa disulap menjadi hidangan lezat seperti pada resep pepes ikan mas khas Sukabumi. Tak heran, karena rasa dagingnya memang sangat enak dan gurih. Tentu setiap ikan memiliki kekhasan rasa daging, begitu juga dengan ikan mas ini.

Ikan Mas
Ikan Mas
Namun sayangnya, pembaca hanya bisa mengkonsumsi 80% dari total ikan mas. Di samping rasanya yang enak dan gampang diolah, ikan mas memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan. Manfaat dan kandungan gizi dari ikan mas yang paling utama adalah protein, mineral, vitamin serta lemak.

  1. Kandungan Omega 3
    Kandungan omega 3 pada ikan mas sangat baik, terutama untuk jantung arteri vena (pembentuk sistem kardiovaskular). Omega 3 juga mengontrol detak jantung dan bisa melebarkan pembuluh arteri yang sempit karena kelebihan lemak. Mengkonsumsi ikan mas dua porsi/minggu mampu menekan resiko kematian akibat gagal jantung. Dengan begitu, berarti omega 3 juga berperan dalam mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga kolesterol pun ikut terkontrol.

    Manfaat lainnya, yaitu menstimulasi sel agar berkembang lebih cepat. Dengan demikian, sangat membantu pertumbuhan tinggi badan. Nutrisi yang sama juga ada pada manfaat dan kandungan gizi dari ikan tuna.
  2. Minyak Ikan
    Docosa Hexaenoic Acid atau DHA yang terkandung dalam minyak ikan mampu merangsang perkembangan otak, terutama pada anak-anak. Otak yang berkembang, akan membuat mereka cerdas, memori kuat dan semangat belajar pun tumbuh. DHA juga mampu mencegah penyempitan pembuluh darah otak.

    Untuk orang dewasa, minyak ikan berperan dalam mengontrol kolesterol karena memacu keluarnya kolesterol baik atau HDL. Selain itu, minyak ikan juga mampu menurunkan macula, glaucoma dan sindrom mata kering. Kandungan tersebut juga membantu Anda supaya awet muda.

    Ada juga minyak ikan EPA (Eikosa Pentaenoat Acid) yang apabila bersatu dengan DHA menjadi omega-3 kompleks. Tugasnya menurunkan kolesterol, trigliserida serta lipoprotein. Sehingga mampu mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.
  3. Kandungan Lemak
    Jumlah lemak pada ikan mas hanya 2 gram. Sehingga, konsumsi ikan mas bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan. Dengan jumlah lemak yang cukup rendah, ikan mas mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang memicu kolesterol.
  4. Manfaat Lainnya
    Mampu mengontrol berat badan, dengan kandungan minyak ikan yang dapat mengurangi lemak jahat. Karena kadar kalorinya rendah, ikan mas juga sangat cocok menjadi menu diet.

    Mencegah radang sendi, karena terdapat kandungan minyak ikan yang menetralisir pembengkakan pada sendi.

    Mencegah penyakit kanker, terutama kanker payudara. Sebab, konsumsi ikan mas mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain kanker payudara, penyakit yang dapat diminimalisir adalah kanker prostat dan usus.

    Kesehatan mental, mengkonsumsi ikan mas dengan porsi yang cukup bisa mengurangi stress serta depresi. Karena terdapat kandungan yang bisa mengontrol tekanan darah dan membuat emosi selalu positif.

Resep spesial dari ikan mas yang lezat dan kaya gizi : Resep Pepes Ikan Mas Khas Sukabumi

Begitu banyak manfaat dan kandungan gizi dari ikan mas. Kami yakin, pembaca tidak akan mengabaikan hal tersebut begitu saja. Yuk, konsumsi ikan mas secara rutin dan dapatkan semua manfaatnya. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana