Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 01 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Lele

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Lele – Siapa yang tidak kenal dengan ikan ini. Lele adalah ikan yang sangat mudah ditemui, karena selalu disandingkan dengan nasi pecel atau penyetan. Lele memang memiliki daging yang lembut, lezat dan mudah diolah. Salah satu contoh olahannya adalah resep mangut lele khas Magelang.

Ikan Lele
Ikan Lele
Manfaat dan kandungan gizi dari ikan lele juga berlimpah dan juga bisa dirasakan semua orang, mulai dari orang biasa hingga ibu hamil. Kandungan gizi tersebut seperti omega 3, protein, fosfor dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan jantung. Lebih lengkapnya Anda bisa membaca ulasan di bawah ini!

  1. Omega 3
    Seperti yang telah disampaikan di artikel lainnya, omega 3 berfungsi untuk membantu perkembangan otak, fungsi penglihatan serta syaraf janin dan bayi.

  2. Kandungan Protein
    Protein hewani yang terkandung pada ikan lele cukup tinggi, yakni 20%. Jumlah tersebut lebih tinggi jika dibandingkan protein pada daging dan susu. Protein ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah protein yang sudah ada (dari makanan lainnya), namun juga menjadi pelengkap mutu protein pada menu makanan Anda.

    Protein tersebut terdiri dari asam amino essensial lisin, leusin dan mentionin. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa 80% ikan air tawar mengandung protein dengan kadar mentionin dan sistin yang cukup tinggi. Kandungan leusin bermanfaat untuk proses pertumbuhan anak, pembentukan serta perombakan otot. Sedangkan lisin juga memiliki manfaat yang sama, tapi selain itu bisa mengobati penyakit herpes dengan menjadi kerangka bagi niasin.
  3. Kandungan Fosfor
    Dalam 100 gram ikan lele, terkandung 168 mg fosfor yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan telur. Fosfor berguna untuk memberi kekuatan pada metabolisme lemak dan pati, menunjang kesehatan gigi dan gusi, membantu penyerapan kalsium serta sistesis DNA.

    Ibu hamil juga memerlukan fosfor untuk pembentukan tulang janin. Apabila asupannya kurang, maka janin dalam kandungan akan mengambil fosfor dari tulang ibunya. Nah, meskipun kedengarannya sepele tapi bisa menyebabkan osteoporosis, lho.
  4. Kalium dan Natrium
    Kandungan kalium dan natrium pada ikan lele cukup tinggi, dengan perbandingan 24,5:1. Sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah dan cardio, karena syarat makanan dikatakan baik adalah bila perbandingan kalium dan natriumnya lebih dari 5:1. Kalium tersebut bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah.

    Selain itu, berfungsi sebagai pembersih karbondioksida, melancarkan kadar cairan tubuh, melancarkan oksigen ke otak (apabila kadar tinggi) dan memicu simpul syaraf serta otot.
  5. Lemak
    Lemak pada ikan lele bersifat trigliserida yang netral. Tapi, ada pula lemak yang sifatnya komplek. Lemak tersebut banyak ditemukan di bagian perut sebelah bawah dan hati. Kandungan lemak yang rendah, turut menekan kolesterol Anda.

Yuk silahkan bisa anda coba resep spesial dari ikan lele : Resep Membuat Kripik Ikan Khas Pekalongan

Kesimpulan manfaat dan kandungan gizi dari ikan lele di atas adalah sangat baik dikonsumsi ibu hamil, terutama untuk kebaikan janinnya. Selain itu, lele dapat mencegah penyakit jantung dan menjaga pembuluh darah Anda agar tetap baik. Dengan kandungan protein pendek, maka membuat ikan lele mudah dicerna dan sangat baik untuk pencernaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana