Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 03 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Nila

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Nila – Ikan air tawar yang cukup populer ini masih satu keluarga dengan mujair. Ikan nila memiliki daging yang lembut dan gurih, namun sayang terdapat banyak duri di dagingnya. Walaupun demikian, tidak sedikit yang menyukai ikan ini karena mudah diolah dengan resep sup ikan nila khas Cilacap.

Ikan Nila
Ikan Nila
Ikan nila juga sangat mudah ditemui dan harganya pun murah. Jadi, tak heran kalau banyak rumah makan yang menyediakan menu favorit berbahan ikan nila. Selain itu, nila juga mengandung banyak gizi, seperti protein, omega 3, fosfor, kalium dan masih banyak lagi. Akan segera kami ulas di manfaat dan kandungan gizi dari ikan nila berikut!

  1. Omega 3
    Kandungan omega 3 pada ikan nila memang tidak setinggi ikan laut, namun dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut. Omega 3 ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan kognitif, mencerdaskan otak (khususnya untuk anak-anak) dan juga membantu perkembangan janin dalam kandungan.

  2. Kandungan Protein
    Protein hewani pada ikan nila cukup tinggi dan bisa menjadi alternatif protein daging sapi atau hidangan laut lainnya. Manfaat protein itu sendiri adalah untuk meningkatkan massa otot, terutama bagi yang sedang program diet sehat. Lalu manfaat lainnya, menjaga imunitas tubuh, memperkuat dan meningkatkan stamina serta menjaga kesehatan otot.
  3. Mineral
    Kalium

    Sama dengan kandungan omega 3, kalium pada ikan nila juga tidak lebih tinggi dibanding ikan laut. Namun, cukup untuk memberi manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kemampuan kognitif. Selain itu, kalium juga membantu menyehatkan otot, mencegah diabetes serta stroke.

    Fosfor
    Berbeda dengan kalium, kandungan fosfor pada ikan nila malah sebaliknya. Kandungan fosfor yang cukup tinggi tersebut membantu mencegah osteoporosis, memperkuat tulang dan gigi serta menjaga kesehatannya.
  4. Vitamin B Kompleks
    Vitamin B3

    Vitamin B3 mampu menguraikan energi dari makanan, mencegah kejang otot atau kram dan gangguan pencernaan.

    Vitamin B5

    Melancarkan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, mencegah insomnia dan meminimalisir gangguan emosi.

    Vitamin B12
    Manfaat yang diberikannya, yakni mencegah anemia karena membantu produksi sel darah merah, membantu pemecahan sel serta produksi asam nukleat dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  5. Antioksidan
    Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas. Kandungan ini dimiliki ikan nila, namun jumlahnya tidak sebanyak buah dan sayuran.

Resep ikan nila yang bisa kamu praktekkan di rumah : Resep Membuat Ikan Nila Tauge Khas Demak

Ikan nila dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, lho. Cara budidaya ikan nila juga tidaklah sulit. Apalagi banyak orang yang menyukai ikan ini! Jadi tidak sulit lagi untuk memasarkannya. Semoga artikel manfaat dan kandungan gizi dari ikan nila di atas juga bermanfaat untuk Anda. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana