Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 04 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Patin

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Patin – Patin adalah ikan yang cukup digemari di Indonesia. Ikan yang masih saudara dengan lele ini memiliki daging yang rasanya sangat enak dan teksturnya lembut pula. Bisa diolah dengan resep ikan patin bakar khas Sukabumi atau resep gangan asam patin khas Kalimantan Selatan

Ikan Patin
Ikan Patin
Selain daging, tulang ikan patin juga bisa dijadikan kaldu yang sama nikmatnya. Jadi, semua bagian tubuhnya bisa dikonsumsi, ya? Tentu saja selain digemari karena kelezatannya, ikan patin juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti protein, omega 3, kalsium dan fosfor. Kami akan mengulas manfaat dan kandungan gizi dari ikan patin secara lengkap di bawah ini.

  1. Kandungan Omega 3
    Hampir semua ikan memiliki kandungan omega 3. Manfaat dari omega 3 sendiri bisa dirasakan anak-anak hingga ibu hamil. Untuk ibu hamil, khususnya, mampu membantu pertumbuhan janin dan kesehatannya dalam kandungan. Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang asupan DHA nya terpenuhi, cenderung memiliki bayi yang skornya tinggi pada test IQ dan koordinasi tangan-mata. Perkembangan motorik bayi pun lebih baik.

    Hal tersebut karena ada kandungan DHA serta EPA masing-masing sebesar 4,74% dan 0,31%. EPA merupakan asam lemak essensial yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel, memperkuat sistem kardiovaskular, mengatur sistem saraf, membantu penyerapan nutrisi dan menjaga kekebalan tubuh.
  2. Protein
    Kandungan protein pada ikan patin sangat tinggi. Protein tersebut sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang program diet, terutama untuk menumbuhkan serta memperkuat otot. Selain itu, protein juga bisa menjaga kekebalan tubuh dan menambah kekuatannya, sehingga Anda jadi tidak mudah lelah.
  3. Kalsium dan Fosfor
    Keduanya berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Selain memperkuat, kalsium juga berusaha menjaga kesehatan keduanya. Rutin mengkonsumsi ikan patin, berarti asupan kalsium dan fosfor Anda terpenuhi dengan baik.
  4. Lemak
    Ikan patin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang jumlahnya mencapai 50%. Kandungan tersebut dapat mencegah penyakit kardiovaskular (gangguan jantung dan pembuluh darah), jantung koroner dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kenapa demikian? Sebab, lemak tak jenuh tidak mengendap serta menghambat aliran darah.

    Konsumsi ikan patin dengan cara direbus, supaya nutrisinya tidak hilang. Imbangi konsumsinya dengan makanan yang mengandung cukup serat, seperti sayur dan buah.

Yuk silahkan bisa kamu coba resep spesial dari ikan patin : Resep Membuat Ikan Patin Bakar Khas Sukabumi

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ikan patin memiliki daging yang enak dan gurih, hampir semua bagian tubuhnya bisa diolah menjadi makanan lezat, bernutrisi tinggi dan rendah kolesterol. Sehingga sangat aman mengkonsumsinya, mengingat manfaat dan kandungan gizi dari ikan patin juga bisa dirasakan semua kalangan. Selamat mencoba kelezatannya dan salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana