Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 05 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Salmon

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Salmon – Siapa yang tidak suka pada ikan ini? Semua pasti suka, karena ikan salmon memiliki daging yang enak dan khas. Ikan salmon bisa diolah menjadi makanan lezat seperti pada resep salmon masak pindang meranjat khas Jambi. Rasanya sangat enak, jadi Anda harus mencoba mengolahnya kapan-kapan.

Enak dagingnya, enak pula manfaatnya. Bagaimana tidak, ikan salmon memiliki nutrisi yang cukup berlimpah dan tidak kalah dengan ikan lainnya. Karena banyaknya manfaat dan kandungan gizi dari ikan salmon, mungkin Anda akan jadi pusing sekaligus gembira. Tapi, apapun itu, konsumsilah ikan salmon secara cukup, yaitu 2 kali/minggu. Artinya tidak boleh berlebihan pada waktu-waktu tertentu.

  1. Kandungan Omega 3
    Asam lemak omega 3 pada ikan salmon berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, terutama bagi penderita penyakit jantung. Ikan salmon juga akan memperkuat otot-otot jantung serta memperbaiki kerusakannya. Selain itu, konsumsi ikan salmon bisa mencegah pengerasan pada arteri yang mengakibatkan serangan jantung.

    Manfaat omega 3 lainnya, yaitu meningkatkan fungsi pembuluh darah, memperbaiki pola lipid, mencegah penyakit stroke dan jantung saat terkena diabetes type 2 dan gangguan mental lainnya, seperti depresi dan Alzheimer. Telah diketahui bahwa mengkonsumsi ikan salmon dengan kandungan omega 3 bisa menurunkan resiko gangguan mental tersebut karena sifatnya yang anti-depresan alami.

    Untuk anak-anak, omega 3 bermanfaat membantu kinerja otak agar daya ingat semakin meningkat.

  2. Protein
    Protein sangat diperlukan oleh tubuh, jadi Anda harus memenuhinya setiap hari. Protein bisa didapatkan darimana saja, termasuk ikan salmon ini. Protein dalam ikan salmon tergolong sangat tinggi dan mudah dicerna. Beberapa manfaat protein, yaitu sebagai sumber energi, membantu metabolisme, proses pembentukan otot dan hormon serta zat antibodi.

    Asam Amino
    Protein asam amino pada ikan salmon sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Ia juga berperan dalam menyeimbangkan gula darah, meningkatkan energi, fungsi otak dan kemampuan mental. Dengan jumlahnya yang cukup tinggi, asam amino mampu menjadi antibodi, melindungi tubuh dari radiasi dan memperlambat pertumbuhan tumor serta kanker.
  3. Vitamin
    Vitamin A
    Yang semua orang tahu, vitamin A hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata seperti manfaat dan kandungan gizi dari wortel. Namun, sebenarnya terdapat manfaat lain, yaitu sebagai antibodi, sumber antioksidan, penyembuh luka dan pencegah kanker.

    Vitamin B6
    Vitamin B6 berperan meningkatkan sistem imun, sistem syaraf dan kesehatan jantung. Ia juga dapat meningkatkan energi serta menjaga kesehatan otot. Bagi anak-anak, vitamin B6 sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi dan kecerdasan otak.

    Vitamin D
    Begitu juga dengan vitamin D, manfaatnya tidak hanya menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Tapi, vitamin D juga hebat dalam menjaga kulit dan mencegah penyakit kanker prostat serta kanker kolon.

    Vitamin E

    Vitamin E terkenal sebagai salah satu kandungan dalam suplemen kecantikan atau produk-produk kecantikan lainnya. Sebab, manfaat vitamin E dalam ikan salmon ini memang sangat baik untuk kesehatan kulit, sebagai contohnya bisa mengatasi guratan, kulit keriput serta kutikula.

    Tapi, ia juga memiliki peran lain, yaitu melawan efek negatif yang disebabkan obat-obatan, mencegah penyakit kanker dan syaraf serta mengobati diabetes.

Resep dari bahan ikan yang spesial dan kaya gizi : Resep Membuat Pindang Ikan Khas Garut

Manfaat dan kandungan gizi dari ikan salmon terdiri atas protein dengan kualitas tinggi, omega 3, asam amino, vitamin dan masih banyak lagi. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya nutrisi yang ada. Mumpung konsumsinya tidak dilarang, lho. Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D