Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 06 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Sembilang

Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Sembilang – Masih asing dengan ikan ini? Wajar saja, karena ikan sembilang juga lumayan susah didapatkan. Karena ia sangat suka bersembunyi saat nelayan datang. Meskipun demikian, sembilang termasuk ikan beracun, lho. Maka dari itu, nelayan memiliki trik khusus dalam menangkapnya. Tidak boleh menyentuh bagian atau letak racun, yakni di kepala, sirip dan duri.
Ikan Sembilang
Ikan Sembilang
Sembilang memiliki struktur tubuh yang mirip lele. Tapi, sembilang memiliki 3 patil yang terletak di sirip dua buah dan punggung satu buah. Yang disebut-sebut sebagai ikan lele laut ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan sebenarnya. Bisa diolah dengan resep gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau atau dikonsumsi langsung setelah digoreng. Diolah menjadi apapun, tetap ada manfaat dan kandungan gizi dari ikan sembilang yang harus Anda dapatkan!

  1. Kandungan Omega 3
    Asam lemak tak jenuh omega 3 yang terkandung dalam ikan sembilang mampu menjadi pelindung jantung. Omega 3 mampu mencegah irama jantung atau Fibrilasi Atial, yang telah dibuktikan Journal Circulation tahun 2004.

    Omega 3 juga dapat mencegah penggumpalan darah. Sebab, terdapat jaringan protein yang membantu kinerja fibrinogen (pembentukan benang-benang fibrin sebagai penutup luka).

    Selain itu, fungsi omega 3 yang paling penting adalah merangsang pertumbuhan serta perkembangan otak. Sehingga membuat daya ingat semakin baik.

    Omega 3 kompleks, yang mengandung DHA dan EPA, dapat mengontrol lemak dalam tubuh. Sehingga, apabila Anda memiliki lemak berlebih, bisa diikat dan dibuang oleh omega 3. Dengan begitu, kolesterol akan terkontrol.

  2. Leusin
    Leusin merupakan salah satu protein yang dibutuhkan tubuh. Leusin pada ikan sembilang sangat baik untuk pertumbuhan sang anak, sebab ia bertugas membantu membentuk dan merombak otot.
  3. Manfaat Lainnya
    Membantu proses kehamilan, karena mampu menstimulus hormon yang membuat kehamilan lebih cepat. Itu menurut orang tua jaman dulu, tapi sebenarnya ketika dipraktekkan hasilnya juga positif.

    Mengurangi nyeri haid, walaupun belum dibuktikan secara ilmiah, namun sudah banyak yang merasakan manfaatnya.

    Mengurangi resiko Artherosklerosis, yaitu penyumbatan pembuluh darah karena adanya bintik-bintik di dalamnya yang sangat berbahaya karena dapat memicu jantung koroner. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk mengurangi resikonya.

    Membantu pencernaan, karena adanya protein pendek yang mempercepat metabolisme dan penyerapan nutrisi.

  4. Kelebihan dan Kekurangan
    Karbohidrat dan lemak yang terkandung dalam ikan sembilang cukup rendah, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Asalkan tidak dikonsumsi ketika sedang hamil, karena bisa menyebabkan keguguran (menurut mitos yang ada). Namun, sebenarnya terdapat alasan yang lebih logis, yakni ikan sembilang mengandung merkuri yang cukup banyak. Merkuri tersebut apabila tertelan secara terus menerus akan mengakibatkan pertumbuhan janin kurang maksimal.

Resep simple dan spesial dari ikan sembilang yang bisa kamu praktekkan di rumah : Resep Membuat Ikan Sembilang Goreng Khas Riau

Sebelumnya dikatakan bahwa ikan sembilang sangat beracun. Nah, tanda-tanda nelayan atau orang yang terkena racun itu seperti wajah jadi pucat, demam dan sulit tidur sampai kejang-kejang. Namun, racun ini hanya bertahan dalam waktu sehari saja dan setelah itu sang korban normal kembali. Jadi, bagi Anda yang ingin menangkapnya harus waspada, ya! Semoga manfaat dan kandungan gizi dari ikan sembilang membantu. Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D