Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 08 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Tenggiri

Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Tenggiri – Tenggiri merupakan ikan yang masih kerabat dengan tongkol, tuna serta ikan kembung. Ikan ini bentuknya pipih dengan kepala runcing serta gigi bergerigi. Tenggiri biasa hidup di lautan yang bebas polusi, jadi sangat bagus dikonsumsi baik anak-anak maupun ibu hamil.

Ikan Tenggiri
Ikan Tenggiri
Ikan yang bisa diolah dengan resep sate pentul tenggiri khas Sumatera Selatan ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Baik daging, jeroan, sirip sampai durinya bermanfaat untuk kesehatan, lho. Kami akan membahas manfaat dan kandungan gizi dari ikan tenggiri secara lengkap di bawah ini!

  1. Kandungan Omega 3
    Sudah bukan rahasia lagi kalau omega 3 yang terkandung pada ikan, termasuk tenggiri mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Mengkonsumsinya dua kali seminggu bisa meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.

    Selain itu, ikan tenggiri juga membantu mencegah penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung. Sebab, omega 3 bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuannya dan menyehatkan jantung.

    Kandungan DHA pada ikan tenggiri juga bisa memperkuat janin serta menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baru lahir.
  2. Protein
    100 gram ikan tenggiri mengandung protein yang lebih tinggi dibanding pada kacang-kacangan. Kandungannya setara pada daging dan telur. Protein asam amino pada ikan tenggiri mudah dicerna tubuh. Protein tersebut juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak.

  3. Mineral
    Kandungan mineral pada ikan tenggiri, yakni zat besi, fosfor, zinc, selenium serta yodium. Zat besi berfungsi mencegah anemia, selenium melindungi tubuh dari radikal bebas, sementara zinc dan yodium membantu kinerja hormon serta enzim. Yodium juga dapat mencegah penyakit gondok.

  4. Kalori
    Kalori pada ikan tenggiri, apabila dikonsumsi dalam bentuk siomay atau pempek akan bertambah sampai 500 kkal. Kalori yang cukup tinggi serta mudah dicerna membuat ikan tenggiri bisa menjadi menu diet sehat.
  5. Kolesterol
    Kolesterol yang terkandung dalam ikan tenggiri tergolong cukup rendah. Tapi, tetap saja Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan untuk mengantisipasi agar kadar kolesterol tidak tinggi.
  6. Manfaat Lainnya
  • Menurunkan depresi, berdasarkan penelitian yang dilakukan, ikan tenggiri ternyata mampu menurunkan depresi jika dikonsumsi secara rutin
  • Menyembuhkan eksim atau penyakit kulit, seperti koreng, kudis, gatal bernanah dan sebagainya. Manfaat tersebut didapatkan dari sirip tenggiri yang direbus setengah matang. Kemudian air rebusan bisa diminum dan untuk mengurangi bau penyakit kulit, bisa merebus sirip bersama daun sirih.
  • Mengobati ketombe, dengan duri tenggiri yang direbus hingga kering lalu dibakar sampai hitam dan dihaluskan. Serbuk tersebut lalu dicampur lidah buaya atau minyak kelapa dan dioleskan ke kulit kepala selama 2 jam. Setelah itu, baru dikeramasi dan lakukan sampai ketombe benar-benar hilang.
  • Mengobati linu kaki, karena kandungan zat pereda pada daging yang berada di sekitar insang. Cukup direbus dan dimakan bersama kuahnya secara teratur hingga linu berkurang.
  • Menjaga kesehatan pencernaan, konsumsi kepala ikan tenggiri mampu mencukupi kebutuhan tiroid dan kandungan gelatinnya dapat menjaga kesehatan pencernaan.
  • Menyembuhkan gangguan saluran kencing, didapatkan dari jeroan ikan tenggiri yang masih utuh dan mentah. Tapi, hati tenggiri hanya boleh dikonsumsi oleh penderita yang berusia 20-45 tahun.
  • Menurunkan penyakit kanker, apabila dikonsumsi secara rutin dipercaya bisa mencegah kanker mulut, kerongkongan, usus besar, prostat dan ovarium.
Resep spesial dari ikan tenggiri yang lezat dan kaya gizi : Resep Membuat Sate Pentul Tenggiri Khas Sumatera Selatan

Pada dasarnya manfaat dan kandungan gizi dari ikan tenggiri sangat baik bagi pertumbuhan. Yang terpenting Anda harus mengkonsumsinya dengan teratur. Olah menjadi berbagai macam hidangan sesuai saran, karena ikan ini memiliki daging yang tebal dan lezat serta berbau segar. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana