Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 17 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Kerang Darah

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Kerang Darah – Kerang darah adalah sejenis kerang yang biasa dikonsumsi warga Asia Tenggara dan Asia Tumur. Kenapa warga suku Arcidae menyukai kerang darah? Sebab, makanan tersebut bisa menghasilkan hemoglobin dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi terutama bagi penderita anemia agar selalu semangat menjalankan aktifitas.
Kerang Darah
Kerang Darah
Banyak ditemukan di kawasan Indo-Pasifik dan penyebarannya dari pantai Afrika Timur hingga Polinesia. Suka bersembunyi dalam pasir atau lumpur. Ukuran kerang darah dewasa biasanya panjang 5-6 cm dan lebar 4-5 cm. Hewan yang biasa disantap dengan cara direbus, dikukus, digoreng atau diolah dengan resep kerang sambel pete khas Lamongan ini memang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Dan sekarang kami akan membahasnya dalam manfaat dan kandungan gizi dari kerang darah.

  1. Kandungan Gizi
    Kerang darah merupakan sumber mineral, dimana mineral-mineral yang terkandung di dalamnya termasuk kalsium, fosfor, besi, yodium, zinc, selenium dan sebagainya mudah diserap oleh tubuh dibanding mineral pada serelia atau kacang-kacangan. Sehingga dengan mengkonsumsi kerang darah secara teratur, berarti Anda telah membantu mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh dan mencegah penyakit osteoporosis tentunya.

    Zinc pada kerang darah juga berperan dalam mengendalikan kadar progesteron, sehingga berpengaruh positif terhadap libido. Dengan konsumsi kerang, bisa meningkatkan vitalitas Anda.

  2. Sumber Protein
    Kerang darah adalah sumber protein hewani yang termasuk dalam complete protein dengan kadar asam amino essensial yang cukup tinggi, yakni 85-95%. Karena protein tersebut mudah dicerna, maka kerang darah cocok dikonsumsi bagi atlet yang membutuhkan sumber protein tinggi.

  3. Kandungan Vitamin
    Selain sebagai sumber mineral dan protein, kerang darah juga merupakan sumber vitamin yang bisa larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, K dan larut dalam air seperti vitamin B kompleks (B1, B2, B6, B12 dan niasin). Konsumsi 300 gram mampu mencukupi kebutuhan vitamin B12 harian Anda dan bermanfaat dalam melindungi kolon dari kanker serta menjinakkan homosistein atau zat kimia yang bisa merusak dinding pembuluh darah Anda.
  4. Rendah Lemak, Tinggi Kolesterol
    Kolesterol pada kerang darah memang tergolong cukup tinggi, tapi lemak total dan lemak jenuhnya masih rendah. Lemak tak jenuh ganda atau omega 3 yang terkandung pada kerang darah bahkan sangat tinggi. Omega 3 inilah yang membantu menurunkan kolesterol dan mencegah munculnya bintik-bintik di dinding pembuluh darah.

    Kenapa harus dicegah? Karena bintik-bintik tersebutlah yang menjadi penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Tapi, meskipun jumlah kolesterolnya sangat tinggi, toh daya serapnya lebih rendah 25% jika dibandingkan kolesterol pada manfaat dan kandungan gizi dari kepiting dan ayam.
  5. Perhatian
    Konsumsi kerang darah minimal 1-3 kali/bulan bisa menghindarkan Anda dari stroke iskemik. Sedangkan bila Anda mengkonsumsinya setiap hari, akan menurunkan resiko jantung koroner. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan omega 3 di dalamnya. Tapi, konsumsinya juga harus benar, misalkan proses memasaknya tidak boleh digoreng, dipanggang saja agar mendapatkan manfaatnya.

    Penderita asam urat harus menghindari konsumsi kepiting yang berlebihan, karena kandungan purinnya yang cukup tinggi. Selain itu, penderita alergi juga harus berhati-hati, karena perlu penyesuaian secara berkala agar dapat dikonsumsi.
Aneka resep kerang yang lezat dan kaya gizi : Resep Membuat Sate Kerang Belawar Khas NTT

Demikianlah manfaat dan kandungan gizi dari kerang darah. Sebenarnya kerang darah sama dengan kerang-kerang pada umumnya. Tapi, ia memiliki ciri khas dimana tubuhnya ditutupi 2 keping cangkang yang bisa dibuka dan ditutup, karena adanya engsel elastis yang menghubungkan kedua valve tersebut. Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D