Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 18 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Kerang Hijau

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Kerang Hijau – Sudah bukan rahasia lagi bahwa seafood adalah makanan yang lezat dan mengandung banyak gizi untuk kesehatan tubuh. Ada berbagai jenis seafood, yaitu cumi-cumi, kepiting, lobster serta kerang. Nah, yang akan kami bahas kali ini adalah kerang, lebih tepatnya kerang hijau.

Kerang Hijau
Kerang Hijau
Kerang yang memiliki kulit berwarna hijau ini sering diolah menjadi resep sate kerang bumbu manado khas Sulawesi Utara. Kerang hijau banyak mengandung omega 3, vitamin dan berbagai gizi lainnya. Agar tidak berlama-lama disini, mari langsung menuju manfaat dan kandungan gizi dari kerang hijau di bawah ini!

  1. Kandungan NutrisiTerkandung 21,9% protein, 18,5% karbohidrat, 14,5% lemak, 40,8% air dan 4,3% abu dalam 100 gram kerang hijau. Jumlahnya sebanding dengan nutrisi yang ada pada daging sapi, daging ayam maupun telur. Selain itu, juga terkandung 100 kkal yang bermanfaat untuk memberikan energi bagi Anda.
  2. Kandungan Omega 3Omega 3 yang terkandung dalam manfaat dan kandungan gizi dari kerang hijau bisa mencegah penyakit kardiovaskuler, lho. Selain itu, ia dapat menyehatkan jantung dengan cara melancarkan peredaran darah. Dan juga sangat bagus dikonsumsi untuk mengoptimalkan kerja sel otak, supaya daya ingat makin meningkat.

    Omega 3 juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dengan mengatasi penuaan dini, mencegah munculnya jerawat maupun flek dan bintik hitam pada wajah.
  3. Zat BesiFungsinya sudah diketahui banyak orang, yakni mencegah anemia dan gejala-gejala yang ditimbulkan. Tapi, sebenarnya terdapat peran yang hampir sama dengan omega 3, yakni menyehatkan kulit. Kalau omega 3 dengan mengatasi penuaan dini, zat besi justru membantu kesehatan kulit dari dalam dengan meningkatkan kadar oksigen dalam darah yang diedarkan ke seluruh tubuh.
  4. Manfaat LainnyaSelain kandungan gizi dan manfaat-manfaat di atas, sebenarnya kerang hijau juga mengandung vitamin B12 dan asam amino. Keduanya bekerja sama dengan omega 3 dan karbohidrat dalam mencegah gangguan pernafasan seperti asma serta bronkitis. Vitamin B12 yang berkolaborasi dengan vitamin C juga berperan meningkatkan sistem imun dan fungsi syaraf.

    Manfaat lainnya, mengkonsumsi kerang hijau bisa mengatasi nyeri sendi.
  5. Memilih Kerang Yang BaikJangan asal membeli kerang hijau di pasaran. Perhatikan ciri-cirinya, kerang yang baik dasar dagingnya berwarna putih kemerahan dan bagian dagingnya merah. Cangkang utuh dan bersih, daging tidak berbau busuk dan berlendir serta masih kenyal.

Resep spesial kerang yang bisa kamu praktekkan di rumah : Resep Membuat Pelas Kerang Khas Madura

Meskipun manfaat dan kandungan gizi dari kerang hijau cukup banyak, namun tidak bisa dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan diet. Kenapa? Jawabannya simple, karena kandungan lemaknya sangat tinggi. Lebih baik pembaca memilih menu diet lainnya, seperti pada manfaat dan kandungan gizi dari ikan tongkol, misalnya. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana