Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 17 Mei 2015

Resep Cara Membuat Es Kacang Merah Khas Palembang

Advertisement
Advertisement

Resep Cara Membuat Es Kacang Merah Khas Palembang – Jika banyak resep Palembang yang membahas tentang masakan dengan olahan ikannya, maka berbeda dengan satu resep yang satu ini. Pada resep satu ini kita akan mengulas salah satu minuman yang paling popular di Palembang. Minuman menyehatkan, dingin dan segar ini terkenal dengan sebutan es kacang merah. Es kacang merah terbuat dari kacang merah dan juga susu kental manis. Sebenarnya, es kacang merah juga mempunyai kembaran di Manado. Meskipun nama dan tampilan sekilas mirip, namun dalam hal rasa, es kacang merah Palembang dan Manado sudah jelas berbeda.

Baca Juga : Es Aia Aka : Minuman Khas Sumatera Barat yang Menyegarkan

Es kacang merah kerap dikombinasikan dengan sirup berwarna merah rasa coco pandan dan untuk mempermanis tampilan, kerap diberi dengan balutan coklat cair diatasnya. Jadi, kalau banyak orang bilang, minuman ini dari segi bahan terbilang minimalis namun untuk rasa jangan ditanya, pasti maximalis. Minuman satu ini mudah ditemukan hampir diseluruh penjuru Palembang, khususnya ditempat penjual pempek. Dengan rasanya yang segar dan nikmat, sudah pasti ini bisa menjadi teman makan pempek yang paling cocok. Selain cocok untuk teman makan pempek, es kacang merah Palembang juga cocok diminum ketika cuaca panas tiba, kesegarannya akan membawa semangat untuk menghadapi hari.

Kini dengan semakin banyaknya para penikmat es kacang merah, maka kamu tidak usah jauh-jauh mencarinya hingga ke Palembang. Kini di banyak rumah makan telah banyak disediakan es kacang merah. Tapi, jika ternyata di daerah kmau masih sulit juga untuk mencarinya, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuatnya. Dengan bantuan resep es kacang merah dibawah ini, pastinya kamu akan semakin mudah membuatnya. Selamat mencoba!

Bahan yang diperlukan untuk membuat es kacang merah Palembang

  • ½ sdt gula pasir
  • 200 gr kacang merah
  • ½ sdt vanili
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm gula merah yang telah diserut
  • 1000 ml air
  • Cokelat bubuk secukupnya
  • Susu kental manis
  • Es batu serut

bahan membuat kuah es kacang merah

  • 300 ml santan kental
  • 1 sdm tepung maizena

Cara membuat es kacang merah

  1. Siapkan kacang merah dan rendam selama semalam
  2. Siapkan air panas dan rebus kacang merah
  3. Masukkan cokelat bubuk, gula dan vanili dalam rebusan kacang merah dan masak hingga menyusut. Sisihkan.
  4. Masak santan dan tambahkan tepung maizena
  5. Aduk perlahan hingga mendidih.
  6. Masukkan adonan kacang merah kedalam mangkok saji kemudian siram dengan kuah santan.
  7. Berikan es batu/es serut. Dan es kacang merah siap disantap

Demikian resep sederhana es kacang merah Palembang. Agar lebih segar bisa juga ditambahkan sirup berwarna merah atau susu cokelat diatasnya.
Baca juga : Cara membuat pempek kapal selam Khas Palembang

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D