Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 09 September 2015

Resep Lanting Khas Kebumen

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Lanting Khas Kebumen – Suka camilan yang gurih dan renyah? Kebumen merekomendasikan lanting sebagai camilan khasnya. Tidak hanya di Kebumen saja, di luar kota pun ada jajanan khas ini dengan variasi rasa yang cukup banyak. Seperti lanting asin, lanting kuning, dan lanting pedas. Jajanan yang memiliki bentuk bulat dan seperti angka delapan ini memiliki penggemar yang membludak. Warga Kebumen sendiri sering membelinya sebagai stock camilan untuk dimakan di waktu santai di rumah. Lanting juga bisa disantap sebagai lauk tambahan dalam memakan soto, rawon, atau sayur lainnya.

Bagaimana dengan Anda? Pasti sudah pernah mencoba jajanan ini, bukan? Kalau belum, resep lanting khas Kebumen memiliki solusi untuk Anda. Solusinya adalah dengan membuat sendiri jajanan tersebut menjadi hidangan istimewa untuk keluarga. Anda sudah pasti bisa membuatnya karena seperti jajanan tradisional lainnya, cara membuat lanting juga sangat mudah. Tidak perlu berbasa-basi, silahkan membaca resep lanting khas Kebumen sampai selesai dan Anda akan mahir dalam membuatnya.

Lanting Khas Kebumen
Lanting Khas Kebumen

Sangatlah mudah untuk memahami resep lanting khas Kebumen karena memang disediakan untuk Anda yang berminat sekali untuk membuatnya. Maka dari itu, bacalah terlebih dahulu sebelum Anda langsung kepada langkah-langkah pembuatannya.

Bahan:

  • 1 kg singkong
  • ½ sendok makan ketumbar
  • Garam secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • Pewarna secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Lanting:

  1. Langkah pertama adalah menghaluskan semua bumbu menjadi satu, kemudian sisihkan
  2. Kupas singkong dan cuci bersih. Rendam dalam air selama kurang lebih 60 menit atau sekitar satu jam.
  3. Kemudian kukus singkong yang sudah direndam juga selama satu jam. Angkat dan kemudian haluskan.
  4. Campurkan bumbu lanting yang sudah dihaluskan dengan singkong. Uleni sampai tercampur rata
  5. Ambil sedikit adonan dan bentuk atau pilin seperti tali. Kalau ingin lebih cepat, Anda bisa menggunakan mesin giling agar lebih praktis juga.
  6. Kemudian bentuk gilingan adonan menjadi angka delapan sesuai dengan bentuk khas lanting. Ulangi hal tersebut sampai adonan selesai
  7. Siapkan tampah dan tata adonan di atasnya kemudian jemur di bawah sinar matahari selama 24 jam.
  8. Angkat dari jemuran lalu panaskan minyak.
  9. Goreng lanting tersebut sampai warnanya kuning kecoklatan. Tiriskan
  10. Taruh di wadah seperti toples besar. Tapi jangan ditutup dulu.
  11. Kalau sudah dingin baru bisa ditutup agar tidak melempem
  12. Lanting sudah bisa Anda nikmati bersama keluarga

Lanting memiliki warna umum putih atau kuning. Tapi, yang sering dijual di pasaran berwarna kuning. Bentuknya bisa Anda buat sesuka hati, yang penting menarik. Bisa juga dibuat angka-angka, misalnya satu sampai 9 agar anak Anda tertarik untuk mengkonsumsinya. Baca Juga : Resep Membuat Kue Lupis Khas Kebumen

Demikianlah resep lanting khas Kebumen, semoga Anda tidak kecewa dengan masakan Anda, ya. Selamat menikmati dan tetap memasak!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D