Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 17 September 2015

Resep Membuat Carang Gesing Khas Solo

Advertisement
Advertisement

Resep Carang Gesing Khas Solo – Kue basah ini berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah. Carang gesing terbuat dari campuran pisang raja dengan beberapa bahan yang dibungkus menjadi satu. Cita rasa manis dan gurih yang dimiliki oleh makanan ini membuat setiap orang ketagihan. Bagaimana tidak, ada roti tawar, pisang raja, kelapa muda dan bahan-bahan lainnya yang turut membuatnya menjadi lezat tak tertahankan. Orang Solo sudah barang tentu mengetahui dan pernah merasakannya. Tapi, bagi Anda yang berada di luar kota, bagaimana cara mencobanya?

Mungkin di kota Anda sudah ada olahan semacam ini dengan nama yang berbeda, mungkin juga belum ada. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat resep carang gesing khas Solo yang mudah didapatkan di terapkan langkah-langkahnya. Hanya dengan membuatnya di rumah, seluruh keluarga bisa merasakan olahan lezat khas kota di Jawa Tengah itu. Apalagi makanan yang berbahan dasar pisang ini juga sangat mengenyangkan.

Carang Gesing Khas Solo
Carang Gesing Khas Solo 
Untuk membuatnya sangatlah mudah dan praktis. Tidak perlu berbagai bahan yang sulit ditemukan. Nah, silahkan membaca resep carang gesing khas Solo untuk mempermudah proses pembuatannya.

Bahan Carang Gesing:

  • 2 buah pisang raja, potong sesuai selera
  • 6 buah pisang raja, dihancurkan (ditumbuk/diuleg)
  • 2 butir telur
  • 4 lembar roti tawar
  • 200 gram daging kelapa muda
  • 500 cc santan dari satu butir kelapa
  • 150 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, potong
  • ½ sendok teh vanili
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pecahkan telur di atas wadah. Kemudian tambahkan gula merah, gula pasir dan vanili. Kocok sebentar sampai menyampur.
  2. Masukkan roti, kelapa muda dan pisang raja serta tuangkan santan. Aduk kembali sampai benar-benar rata
  3. Ambil daun pisang dan taruh daun pandan di atasnya. Tuangkan adonan yang sudah menyampur tersebut beserta potongan pisang raja.
  4. Bungkus dan semat dengan lidi.
  5. Kukus sampai matang lalu angkat.
  6. Sajikan di piring saji
  7. Hidangan siap dinikmati

Setelah matang, Anda bisa mengambil carang gesing dari bungkusan dan menaruhnya di gelas atau mangkuk saji yang cocok. Nikmati dengan taburan meses, keju parut atau susu kental manis jika Anda suka. Anak-anak di rumah pasti senang dengan hidangan baru Anda ini. Asalkan jangan terlalu banyak dan terlalu manis bagi mereka. Anda bisa mengurangi takaran gula dalam resep carang gesing khas Solo jika diperlukan. Baca Juga : Resep Membuat Cabuk Rambak Khas Solo

Siapkan dapur Anda untuk eksperimen berikut ini. Akhir kata, hanya ini yang bisa disampaikan. Selamat mencoba resep carang gesing khas Solo, semoga berhasil dengan hidangan Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D