Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 September 2015

Resep Membuat Jenang Jaket Khas Banyumas

Advertisement
Advertisement

Resep Jenang Jaket Khas Banyumas – Jenang jaket adalah makanan khas Banyumas. Makanan yang berbahan beras ketan dicampur gula jawa ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Rasa manis dari gula Jawa nya sendiri turut menjadi keistimewaan rasa makanan tersebut. Orang Banyumas biasa menghidangkan makanan ini pada acara hajatan sunatan maupun pernikahan. Karena sudah terkenal di daerah asalnya, membuat banyak toko oleh-oleh yang menjual jajanan itu. Kalau Anda berkunjung ke kota ini, Anda bisa mampir untuk sekedar icip-icip.

Akan tetapi, Anda tidak perlu sebenarnya ke sana karena sudah ada resep jenang jaket Khas Banyumas yang akan membuat waktu dan uang Anda tidak berkurang sedikitpun. Kenapa demikian? Karena dengan adanya resep jenang jaket khas Banyumas Anda dapat membuat jajanan dan hidangan tersebut di rumah Anda sendiri. Bisa dibayangkan kalau ada acara yang mendadak dan Anda belum memesan makanan, Anda bisa membuat serta menyajikan jenang jaket ini untuk para tamu. Dijamin rasanya tidak akan mengecewakan.

Jenang Jaket Khas Banyumas
Jenang Jaket Khas Banyumas 
Sebagai pemula, lebih baik Anda baca dulu resep jenang jaket khas Banyumas. Bagi Anda yang sudah sering mengolah kuepun juga harus membacanya. Agar bisa mengikuti dan membuat olahan ini tetap khas daerah asalnya.

Bahan:

  • 10 kg tepung beras ketan
  • 30 biji kelapa
  • 15 kg gula merah
  • 1 kg minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Giling beras sampai halus. Kemudian sisihkan.
  2. Peras santan untuk membuat santan. Perasan pertama dimasak sampai menjadi minyak dan yang selanjutnya dibuat campuran tepung ketan.
  3. Campur santan dan tepung ketan, kemudian aduk sampai merata.
  4. Masukkan gula merah sekitar 5-6 kg untuk santan yang sudah dimasak menjadi minyak tadi. Lelehkan gulanya
  5. Setelah itu, masukkan adonan tepung tadi dan aduk sampai menggumpal. Baru masukkan gula sisanya.
  6. Aduk sampai tercampur dan pastikan api tetap stabil supaya pencampurannya sempurna. Aduk hingga matang (jangan berhenti) supaya tidak gosong
  7. Pegang jenang, jika sudah tidak lengket berarti sudah siap diangkat dan dicetak sesuai selera
  8. Sajikan jenang yang sudah dicetak di atas piring saji atau Anda bisa membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu
  9. Hidangan siap dinikmati bersama keluarga tercinta

Proses memasak Anda dari awal sampai akhir dengan takaran bahan di atas adalah ¾ jam. Namun, tentunya takaran di atas adalah untuk digunakan suguhan acara tertentu. Bagi Anda yang hanya ingin mencobanya, bisa dikurangi dan ditakar sendiri bahan-bahan yang dibutuhkan. Akhirnya, semoga resep jenang jaket khas Banyumas membantu Anda dalam proses pembuatannya. Selamat berkreasi dengan masakan Anda berikutnya. Jangan lupa berlatih dan salam koki. Baca Juga : Resep Membuat Kue Mino Nopia Khas Banyumas

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D