Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 September 2015

Resep Membuat Kacang Oven Khas Jepara

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kacang Oven Khas Jepara – Kacang oven adalah makanan khas Jepara. Proses pembuatan makanan ini tidak menggunakan minyak, jadi akan terasa gurih serta tidak berminyak. Lagipula akan sehat untuk dikonsumsi. Di Jepara kacang oven dijadikan menu camilan favorit masyarakat. Untuk itu, Anda juga harus mencobanya.

Kalau Anda menaruhnya di toples, siapapun yang ada di rumah Anda ingin mengambilnya dan merasakan betapa gurih serta nikmatnya kacang oven buatan Anda dari resep kacang oven khas Jepara ini. Oleh karena itulah, sajikan saja di rumah, sudah pasti habis.

Kacang Oven Khas Jepara
Kacang Oven Khas Jepara 
Untuk membuatnya tidak begitu sulit, hanya perlu memperhatikan langkah-langkah yang ada di resep kacang oven khas Jepara di bawah ini saja. Dalam pemilihan kacang, pilih kacang yang baik, yaitu yang memiliki kenampakan bersih, tidak berjamur dan cacat. Kacang yang berwarna hitam, cacat dan berjamur sebaiknya tidak digunakan.

Alat dan Bahan:

1. Alat:
  • Oven
  • Tampah
  • Blender
  • Baskom
2. Bahan:
  • 1 kg kacang tanah, dikupas
  • 250 gram bawang putih
  • 3 sendok makan garam
Cara Membuat:
  1. Jemur kacang tanah yang sudah dikupas selama sehari atau sekitar 24 jam. Hal tersebut dilakukan supaya kacang oven yang Anda buat lebih tahan lama dan tidak berbau apek.
  2. Cuci kacang sampai bersih. Sisihkan
  3. Haluskan garam dan bawang putih dengan blender. Anda bisa juga sebenarnya menumbuknya, jika memang lebih suka ditumbuk.
  4. Campur bawang putih dan garam yang telah halus dengan kacang. Aduk sampai merata bumbunya. Bumbu yang digunakan tidak harus bawang putih dan garam saja, Anda bisa menggunakan bumbu yang lain juga, sesuai selera Anda tentunya.
  5. Panaskan oven selama seperempat jam atau sekitar 15 menit. Masukkan kacang tanah yang sudah tercampur dengan bumbu ke dalam rak pada oven.
  6. Selama proses pengovenan tersebut, kacang tanah harus dibolak-balik secara kontinyu supaya kematangannya merata.
  7. Gunakan api kecil sewaktu pengovenan agar menghasilkan kacang oven yang matang serta berwarna kuning keemasan.
  8. Setelah kacang matang, angkat dan keluarkan dari oven.
  9. Dinginkan selama beberapa menit.
  10. Kemudian masukkan ke dalam toples.
  11. Kacang oven khas Jepara siap dinikmati di waktu santai
Tips dari resep kacang oven khas Jepara jika Anda ingin menjual kacang oven tersebut, kemas dengan plastik ketebalan 0,5 mm. Pengemasan dan plastik yang dipilih merupakan tahap yang penting untuk menjaga kualitas kacang tersebut. Baca Juga : Resep Membuat Kacang Khas Jepara

Itulah resep kacang oven khas Jepara beserta tips yang bisa Anda terapkan, baik untuk Anda yang sengaja membuatnya untuk camilan maupun yang ingin menjual kacang oven tersebut. Teruslah berkarya dengan masakan Anda, semoga berhasil. Dan bagi Anda yang baru merintis usaha, semoga usaha Anda berjalan dengan lancar. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D