Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 September 2015

Resep Membuat Rengginang Ketan Khas Karawang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Rengginang Ketan Khas Karawang – Rengginang adalah makanan tradisional yang sudah dikenal sejak dulu. Makanan khas Nusantara ini biasa dikonsumsi sebagai makanan ringan maupun makanan utama. Pada awalnya, bahan pembuatan rengginang adalah sisa nasi yang tidak habis yang dikeringkan dengan dijemur kemudian digoreng. Hasilnya seperti sejenis kerupuk yang disajikan sebagai makanan ringan atau teman makan nasi. Saat ini rengginang sudah memiliki banyak variasi rasa dan resep. Tentu saja tidak mengandalkan sisa nasi saja.

Adalah rengginang ketan yang berasal dari Karawang, Jawa Barat, salah satu rengginang yang masih ada dan menggunakan ketan sebagai bahan baku utamanya. Rasanya yang gurih dan manis, pas untuk disajikan pada saat acara kumpul bersama keluarga. Di Jawa, bahkan hidangan ini menjadi salah satu jajanan khas lebaran, lho. Hampir di semua toko makanan menjual berbagai jenis rengginang. Ada rengginang ketan ini, rengginang terasi, rengginang asin dan masih banyak lagi. Anda pasti sudah pernah mencobanya. Namun, kalau Anda diberi kesempatan untuk bisa membuat jajanan ini sendiri di rumah, apakah Anda akan melakukannya? Resep rengginang ketan khas Karawang akan menuntun Anda membuatnya.
Rengginang Ketan Khas Karawang
Rengginang Ketan Khas Karawang 
Jika Anda melewatkan kesempatan tersebut, maka akan sangat sia-sia membaca keseluruhan isi resep rengginang ketan khas Karawang di bawah ini. Yang diharapkan adalah, Anda membaca, memahami dan mempraktekkan seluruh isi dari resep rengginang ketan khas Karawang supaya menghasilkan jajanan yang istimewa yang bisa disantap saat menonton TV, berkumpul bersama, dan santai sejenak di teras rumah Anda.

Bahan:

  • ¼ kg beras ketan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air

Bumbu Halus:

  • 1 sendok teh terasi bakar
  • 2 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam dalam air selama kurang lebih satu jam
  2. Kemudian kukus beras ketan tersebut dalam waktu 15-20 menit. Lalu sisihkan
  3. Campur semua bumbu halus, gula, garam dan air. Aduk secara merata. Rebus campuran tersebut sampai mendidih.
  4. Tambahkan beras ketan yang sudah dikukus. Aduk lagi sampai bumbunya meresap
  5. Kukus lagi hingga matang atau sekitar 30 menit
  6. Angkat dan bentuk adonan sesuai selera. Letakkan adonan yang sudah dibentuk di atas tampah dan jemur sampai satu sisi kering
  7. Balik rengginang yang dijemur agar kering merata
  8. Setelah itu, panaskan minyak dan goreng rengginang sampai matang
  9. Tiriskan dan letakkan di sebuah wadah sebelum dimasukkan toples
  10. Hidangan siap untuk dinikmati

Sama dengan semua jenis kerupuk lainnya, biarkan rengginang dingin dulu baru kemudian memasukkannya ke dalam toples. Kalau langsung dimasukkan ke dalam toples pada saat masih panas akan berakibat rengginang cepat melempem. Baca Juga : Resep Membuat Opak Ketan Khas Karawang

Mudah bukan membuatnya? Itu semua karena Anda memperhatikan dengan benar apa yang ada dalam resep rengginang ketan khas Karawang. Anda telah menjadi koki yang hebat. Selamat atas masakan Anda dan tetaplah berinovasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D