Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 22 Oktober 2015

Resep Membuat Jaja Lak-lak Khas Bali

Advertisement
Advertisement

Resep Jaja Lak-lak Khas Bali - Jaja lak-lak adalah salah satu jenis jajanan tradisional Bali. Nama jajanan khas Bali ini cukup unik. Anda pasti penasaran seperti apa bentuk dan rasanya. Jajanan tradisional ini akan banyak Anda jumpai di pasar Bali, tentu jika Anda ke sana. Maka bagi Anda yang saat ini sedang berada di Bali silahkan coba jajanan khas Bali ini. Konon banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali pasti penasaran merasakan enaknya jaja lak-lak ini.

Jaja lak-lak ini merupakan makanan sederhana yang terbuat dari bahan dasar utamanya tepung beras. Bentuknya hampir seperti kue serabi atau mungkin sebagian dari Anda akan menyebutnya seperti kue lumpur. Makanan ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan saus gula merah sehingga rasanya perpaduan antara manis dan gurih. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang penasaran dengan jajanan khas Bali ini, tidak harus datang jauh-jauh ke sana, cukup praktikkan resep jaja lak-lak di rumah Anda dan Anda bisa merasakan kelezatannya.
Jaja Lak-lak Khas Bali
Jaja Lak-lak Khas Bali
Bahan utama yang harus disiapkan

  • 200 ml air panas
  • 500 ml santan yang telah dididihkan
  • 2 sdm air daun suji
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gram kelapa parut kukus,campur dengan sedikit garam
Bahan untuk membuat saus gula merah
  • 250 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat lak-lak

  1. Masukkan tepung beras ke dalam wadah adonan, kemudian masukkan air perlahan-lahan sambil aduk sampai tercampur.
  2. Tuangkan santan yang telah dididihkan tadi ke dalam adonan tepung beras di atas perlahan-lahan, aduk hingga rata hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan air daun suji dan baking powder ke dalam adonan, terus aduk dan kemudian masukkan garam. Terus aduk adonan hingga merata dan adonan tidak menempel di wadah.
  4. Siapkan cetakan lak-lak, cetakan hampir sama dengan cetakan apem tetapi terbuat dari tanah liat. Kemudian panaskan di atas api, oleskan sedikit minyak pada tiap lubang cetakkan. Hal ini mencegah agar lak-lak tidak lengket saat diangkat.
  5. Jika sudah panas masukkan adonan ke dalam cetakan kemudian tutup tunggu beberapa saat hingga lak-lak matang. Jangan terlalu lama sebab lak-lak akan gosong.

Cara membuat saus gula merah

  1. Rebuslah air, kemudian masukkan gula merah yang telah dipotong-potong kecil dan juga gula pasir, aduk hingga tercampur jangan lupa masukkan daun pandan.

Baca Juga : Resep Membuat Krasikan Khas Jogja
Sajikan lak-lak bersama dengan kelapa parut kukus dan juga saus gula merah. Sajikan kue lak-lak ini selagi hangat. Karena akan terasa nikmat sekali. Apalagi jika Anda nikmati ketika sore hari, duduk bersama keluarga dan menikmati lak-lak buatan sendiri. Resep yang Anda buat akan dapat disajikan dalam enam porsi. Selamat mencoba di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D