Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 31 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Jongkong Ijo Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Jongkong Ijo Khas Banyuwangi – Jongkong ijo adalah makanan khas Banyuwangi. Makanan dengan nama unik ini memang tergolong sederhana, baik cara membuatnya maupun model penyajiannya. Akan tetapi, kalau urusan rasa jangan diragukan lagi. Sudah pasti rasa yang dihasilkan dari resep kue jongkong ijo khas Banyuwangi sangat nikmat. Orang Banyuwangi pun mengakuinya, bahwa jongkong ijo ini selain murah juga gampang dibuatnya. Anda penasaran bagaimana cara mereka mengolahnya dengan benar?

Kebanyakan masyarakat Banyuwangi memang membuat kue tersebut dengan resep kue jongkong ijo khas Banyuwangi. Karena begitu mudah dan gampangnya membuatnya, mereka tidak perlu membeli di penjual kue lagi. Khusus bagi yang suka memasak tentunya, dengan mengolah kue jongkong ini akan memberikan kepuasan tersendiri di hati mereka. Jadi, buat Anda yang ingin membuatnya di rumah jangan sampai tidak menggunakan resep kue jongkong ijo khas Banyuwangi ini, ya. Karena Anda akan menemukan keistimewaannya di sini!
Kue Jongkong Ijo Khas Banyuwangi
Kue Jongkong Ijo Khas Banyuwangi
Bahan:

  • 500 gram tepung beras
  • ½ buah gula merah
  • 1 buah kelapa, peras menjadi santan
  • Daun sente secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah awal untuk membuat kue jongkong ini adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyiapkan alatnya juga, seperti gelas untuk menakar santan, dandang, baskom serta sendok.
  2. Setelah itu, ambil baskom untuk mencampur tepung beras bersama garam, pewarna hijau dari daun sente dan juga 7 gelas santan. Aduk-aduk sampai tercampur dan membentuk tekstur seperti jenang atau dodol.
  3. Masak adonan tersebut dengan api kecil hingga matang dan angkat.
  4. Ambil gula merah dan iris-iris atau sisir pada wadah yang berbeda
  5. Berikutnya Anda bisa menyendokkan jenang tadi ke dalam daun pisang. Beri irisan gula pada bagian tengahnya dan bungkus.
  6. Selanjutnya kukus jongkong ijo tersebut selama beberapa menit. Angkat
  7. Sajikan kue jongkong ijo khas Banyuwangi di piring saji untuk siap dicicipi.
Resep kue jongkong ijo khas Banyuwangi di atas akan menghasilkan 25 bungkus kue yang bisa Anda santap bersama keluarga yang sedang berkumpul. Mereka pastinya akan bangga dengan hidangan yang telah Anda buat tersebut. Dengan rasa yang nikmat, tanpa mengurangi kekhasan rasanya, hidangan tersebut telah membuat Anda menjadi idola keluarga. Buat mereka senang karena sudah mau mencicipi masakan Anda dengan cara menyajikan kue jongkong dalam jumlah banyak.  Baca Juga : Resep Membuat Pisang Goreng Pontianak

Kue ini juga cocok kalau dijadikan suguhan, baik di hari raya maupun pada acara-acara tertentu seperti arisan dan syukuran. Asal dimasak dengan resep kue jongkong ijo khas Banyuwangi, bentuknya seperti apapun akan tetap lezat. Nah, salam koki dan teruslah berkreasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D