Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 12 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Kipo Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kue Kipo Khas Jogja – Kue Kipo merupakan jajanan khas Indonesia, tepatnya Yogyakarta, Jawa Tengah. Kue yang terbuat dari bahan dasar ketan yang dicampur dengan bumbu lainnya ini memiliki aroma dan rasa yang begitu harum serta nikmat. Rasanya yang manis khas dan cara membuatnya dibakar membuat lidah Anda turut bergoyang menikmatinya. Coba sendiri kalau Anda adalah penggemar kue tradisional sejati.

Apabila Anda tidak sempat membeli kue ini saat jalan-jalan ke Jogja, jangan khawatir karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan resep kue kipo khas Jogja. Rasanya tidak akan berubah dengan yang asli. Dijamin keluarga dan anak Anda akan menyukai karena kekhasan rasanya. Jika Anda benar-benar tertarik, silahkan baca dan perhatikan semua hal penting yang ada di dalam resep kue kipo khas Jogja. Selamat mencoba!
Kue Kipo Khas Jogja
Kue Kipo Khas Jogja

Bahan Kulit:

  • ¼ kg tepung ketan
  • 150 ml santan kelapa hangat
  • 50 ml air daun pandan

Bahan Isian:

  • 125 gram gula merah, sisir halus
  • 200 gram kelapa sedang, parut
  • 60 ml air matang
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Isi:

  1. Langkah pertama adalah merebus gula merah yang sudah diiris atau disisir halus bersama air sampai mendidih serta larut
  2. Kemudian masukkan kelapa parut ke dalam adonan tersebut
  3. Lalu tambahkan garam secukupnya dan aduk sampai tercampur rata. Cicipi rasanya, kalau ada yang kurang segera tambahkan agar pas.
  4. Isian siap untuk diisikan ke dalam kulit

Cara Membuat Kulit:

  1. Campur tepung ketan dengan santan hangat dan air daun pandan. Aduk perlahan sampai tercampur rata.
  2. Ambil adonan sebanyak satu sendok makan, bulatkan kemudian pipihkan
  3. Masukkan isian yang sudah disiapkan ke dalamnya
  4. Gulung kulit tersebut sehingga membentuk lonjong atau bulat juga bisa, sesuai selera Anda. Lakukan langkah ini sampai adonan habis
  5. Kemudian panggang adonan di atas teflon dengan api kecil hingga matang. Angkat
  6. Sajikan kue kipo di piring saji.
  7. Hidangan siap dinikmati

Kue kipo ini memang lezat. Rasanya yang manis tak terkatakan membuat kopi yang Anda minum jadi terasa lebih nikmat. Buat kopi tubruk saja, lalu sebelum menghirupnya, gigit saja kue kipo tersebut. Sensasinya di dalam mulut membuat Anda ketagihan. Bisa dibilang kue ini juga sangat mengenyangkan. Hanya mengkonsumsinya sebanyak 1-2 saja sudah membuat rasa lapar Anda hilang. Terlebih jika rasanya enak karena dibuat menggunakan resep kue kipo khas Jogja.
Baca Juga : Resep Membuat Jenang Waluh Khas Rembang

Nah, demikianlah panduan memasak dengan resep kue kipo khas Jogja yang dapat membantu Anda menghidangkan jajanan khas Jogja yang sudah terkenal di kotanya tersebut. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D