Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 28 November 2015

Resep Membuat Cangkaruk Habang Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Cangkaruk Habang Khas Kalimantan Selatan – Cangkaruk atau yang biasa disebut cingkaruk merupakan makanan khas Kalimantan Selatan. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur bersama bahan-bahan lainnya seperti gula merah dan parutan kelapa. Makanan ini memiliki rasa yang nikmat dan tiada duanya. Anda bisa mencicipinya sendiri ketika berkunjung ke Banjarmasin, karena beberapa tempat di sana sudah menjualnya sebagai salah satu jajanan ternikmat.

Dengan harga yang lumayan murah, Anda sudah bisa menikmati kelezatan rasa cangkaruk habang yang terkenal tersebut. Kekhasan rasanya tak pernah terganti meski waktu dan jaman terus berubah, sebab masyarakat sekitar tetap menggunakan resep yang melegenda, yaitu resep cangkaruk habang khas Kalimantan Selatan.
Cangkaruk Habang Khas Kalimantan Selatan
Cangkaruk Habang Khas Kalimantan Selatan
Jika Anda penasaran bagaimana rasa dari kudapan asall Kalimantan Selatan tersebut, silahkan membuatnya di rumah dengan panduan yang dibagikan untuk memudahkan Anda. Panduan tersebut adalah resep cangkaruk habang khas Kalimantan Selatan. Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah mudah, Anda bisa membacanya di bawah ini. Namun, Anda harus ingat, perhatikan baik-baik keseluruhan isi resep supaya sajian yang Anda buat bisa berhasil dengan sempurna.

Bahan:

  • ½ liter beras ketan
  • 500 gram gu merah
  • 1 buah kelapa muda, diparut

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan alat dan bahan dalam proses pembuatan cangkaruk habang adalah dengan mengambil beras ketan untuk disangrai.
  2. Sangrai beras ketan tersebut dalam sebuah wajan hingga benar-benar kering. Setelah itu, tambahkan serutan gula merah bersama parutan kelapa
  3. Aduk-aduk campuran tersebut sampai merata lalu angkat dan dinginkan sebentar. Kalau sudah dingin, baru tumbuk dalam lesung.
  4. Anda juga bisa menggilingnya hingga menjadi adonan yang benar-benar halus serta menyatu dan kenyal
  5. Sesudahnya, Anda bisa membentuk adonan dengan cara memotong-motongnya menjadi segi empat atau sesuai selera
  6. Sajikan di piring saji dan segera nikmati cangkaruk habang khas Kalimantan Selatan ini bersama keluarga.

Makanan yang dibuat dari resep cangkaruk habang khas Kalimantan Selatan ini memang cocok kalau disajikan sebagai camilan andalan. Anda pun juga bisa menyajikannya saat hari raya, sebagai suguhan untuk tamu-tamu yang datang. Mereka pasti menyukainya, karena belum pernah merasakan makanan terlezat dari Banjarmasin pastinya. Dengan begitu, Anda akan merasa bangga terhadap diri sendiri karena sudah bisa menghasilkan hidangan nikmat nan menggoda dari daerah lain. Baca Juga : Resep Membuat Balungan Hayam Khas Kalimantan Selatan

Untuk itu, jangan pernah menghapus atau membuang resep cangkaruk habang khas Kalimantan Selatan di atas. Tetap simpan di bookmark Anda supaya lain kali kalau ingin membuatnya lagi tidak kebingungan. Anda juga bisa membagikan resep tersebut kepada tetangga dan saudara yang ingin menyajikannya di rumah. Selamat berkreasi dengan masakan Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D