Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 04 November 2015

Resep Membuat Kerupuk Upil Khas Mojokerto

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kerupuk Upil Khas Mojokerto – Kerupuk upil memiliki kesamaan dengan kerupuk melarat khas Cirebon. Makanan yang berasal dari Mojokerto ini memiliki rasa yang asin dan renyah. Selain itu, kerupuk upil juga menyehatkan sebab tidak digoreng dengan minyak, melainkan menggunakan pasir sungai yang sudah bersih. Jadi, aman dikonsumsi oleh anak-anak Anda. Ada pula kerupuk upil yang menggunakan pewarna makanan, misalnya merah muda dan juga kuning. Hal tersebut dibuat supaya bisa menjadi daya tarik. Akan tetapi, kerupuk upil dengan warna putih pun tetap lezat, kok.

Nah, di bawah ini sudah diberikan kepada Anda resep kerupuk upil khas Mojokerto mulai dari bahan-bahan dan bumbu serta cara membuatnya. Memang proses pembuatannya sedikit lama dan juga banyak langkah yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, membaca resep kerupuk upil khas Mojokerto sangat diperlukan dalam hal ini.
Kerupuk Upil Khas Mojokerto
Kerupuk Upil Khas Mojokerto
Bahan:

  • Tepung tapioka secukupnya
  • 1 kg bawang putih
  • 4 ½ kg garam
  • Air mendidih secukupnya
  • Pasir sungai bersih

Cara Membuat:

  1. Sebelum mengolah kerupuk upil, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan peralatan berikut ini, pisau, wadah dan juga timbangan.
  2. Lalu Anda siapkan garam dan juga tepung tapioka serta bawang putih yang telah dihaluskan. Campur ketiga bahan tersebut dan aduk sampai merata
  3. Kalau sudah, letakkan adonan tersebut dalam cetakan yang berukuran 150 x 250 cm. Sisanya Anda campur dengan air mendidih.
  4. Air yang Anda gunakan harus setinggi 1 meter di atas tepung. Jadi, kurang lebih Anda memerlukan 3 ember air
  5. Berikutnya Anda akan melihat hasilnya berupa gumpalan seperti kanji kental. Kanji tersebutlah yang akan dijadikan bahan pembuat kerupuk
  6. Selanjutnya, campur kanji dengan bahan tepung di dalam cetakan yang tidak di campur tadi.
  7. Buatlah bentuk bulat menyerupai tabung. Jika sudah cukup keras, iris-iris sesuai selera.
  8. Setelah mengirisnya, Anda bisa menata adonan kerupuk di atas wadah. Tutup irisannya sampai matang, jangan terlalu lama karena akan berakibat terhadap kualitas kerupuk
  9. Jika sudah cukup matang, pindahkan kerupuk tersebut ke wadah lainnya dengan hati-hati. Jemur sampai kering
  10. Angkat dan kemudian goreng menggunakan pasir sungai yang sudah bersih dan dalam keadaan panas
  11. Angkat dan simpan di dalam toples untuk dinikmati di waktu luang

Sering kita jumpai kerupuk upil di pasaran dengan mudah. Namun, kalau Anda bisa membuatnya dengan resep kerupuk upil khas Mojokerto, Anda akan bisa mendapatkan kebanggaan dari keluarga. Hal tersebut sudah bisa dipastikan mengingat kerupuk upil ini selain bisa dijadikan camilan juga merupakan teman makan nasi yang asyik.

Baca Juga : Resep Membuat Kwetiauw Siram Yang Lezat
Tetap ikuti resep-resep lain selain resep kerupuk upil khas Mojokerto. Selamat berkreasi dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D