Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 29 November 2015

Resep Membuat Kue Lamang Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Lamang Khas Kalimantan Selatan – Lamang merupakan kue yang berasal dari Kalimantan Selatan. Makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan lontong, tapi sudah jelas kalau dilihat dari bahan-bahan dan campuran yang digunakan, rasanya sangatlah berbeda. Kalau lontong hanya terbuat dari beras biasa, lamang ini terbuat dari beras ketan yang diolah bersama santan, daun pandan serta dibungkus dengan daun pisang dan dibakar menggunakan bambu. Setelah itu baru disajikan dengan tapai ketan.

Mendengar cara pembuatan dan penyajiannya secara singkat saja sudah membuat Anda lapar. Apalagi nanti kalau Anda sudah mengetahui keseluruhan isi resep kue lamang khas Kalimantan Selatan. Sudah pasti Anda akan dengan segera membuat dan mencicipi kelezatan rasanya bersama keluarga.
Kue Lamang Khas Kalimantan Selatan
Kue Lamang Khas Kalimantan Selatan
Nah, untuk itu kami akan membagikan resep kue lamang khas Kalimantan Selatan di bawah ini. Siapa tahu bisa bermanfaat untuk Anda. Bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana, langkah-langkahnya juga mudah diterapkan.

Bahan:

  • ¾ gelas santan dari 1 ons kelapa
  • 2 ons beras ketan, dicuci bersih dan ditiriskan
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sendok teh garam
  • 1 batang buluh bambu muda dengan diameter 7 cm
  • Tapai ketan secukupnya
  • Daun pisang muda secukupnya
  • Lidi secukupnya
  • Bambu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah memarut kelapa dan memerasnya untuk dijadikan santan. Kemudian tiriskan dulu
  2. Setelah itu Anda bisa mencuci bersih beras ketan, lalu ditiriskan.
  3. Berikutnya rebus santan bersama daun pandan dan garam sampai mendidih. Masukkan beras ketan yang sudah Anda cuci bersih tadi
  4. Aduk-aduk sampai rata dan biarkan sampai santan terserap. Angkat
  5. Siapkan daun pisang kemudian sendokkan campuran beras ketan dan santan tadi di atasnya. Gulung kemudian rapikan ujungnya dan rekatkan menggunakan lidi
  6. Lakukan langkah ini sampai ketan habis.
  7. Ambil bambu kemudian masukkan gulungan ketan tadi ke dalamnya. Bakar menggunakan kayu bakar sambil dibolak-balik supaya matang merata.
  8. Kalau sudah matang, angkat dari bambu lalu potong-potong kecil
  9. Tata di piring saji bersama tapai ketan.
  10. Kue lamang siap dinikmati

Makanan yang terbuat dari resep kue lamang khas Kalimantan Selatan ini memang sangatlah nikmat. Rasanya yang khas membuat Anda ketagihan. Gurih, nikmat dan ajaib! Itulah ketiga kata yang pasti Anda ucapkan setelah mencicipinya. Oleh karena itu, solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mnyimpan resep kue lamang khas Kalimantan Selatan ini di bookmark supaya tidak hilang ketika dicari di kemudian hari.

Baca Juga : Resep Membuat Amplang Khas Kalimantan Selatan
Selamat mengolahnya dengan resep kue lamang khas Kalimantan Selatan dan berkreasi dengan hidangan Anda. Salam koki dan sampai jumpa di resep-resep berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D