Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 26 November 2015

Resep Membuat Sambal Teri Khas NTT

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Teri Khas NTT – Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai sajian khas dan kuat akan rempahnya. Berbagai menu sederhana yang nikmat bisa Anda temui di tiap daerah dengan mudah. Orang Indonesia sendiri juga menyukai hidangan yang pedas, jadi tidak heran kalau Indonesiapun terkenal memiliki beragam olahan sambal. Mulai dari yang paling sederhana, yaitu sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, sambal ijo, sambal terong, sambal kacang, sambal kecap, sambal tumpang sampai sambal teri. Anda juga masih bisa menemukan aneka sambal yang lebih beragam lagi.

Nah, kali ini kami akan membahas sambal teri yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Olahan cabai ini memang cocok bagi Anda yang menyukai ikan teri, karena rasa dari ikan tersebut sangat kuat dalam sambal ini. Biasanya sambal teri hanya disantap dengan nasi putih yang masih panas serta kerupuk saja, namun kali ini sambal tersebut sudah banyak disajikan bersama ayam goreng, ikan goreng, aneka olahan yang dipanggang dan sebagainya. Jadi tidak salah kalau resep sambal teri khas NTT memberikan panduannya untuk Anda supaya bisa berkreasi di rumah.
Sambal Teri Khas NTT
Sambal Teri Khas NTT
Dengan resep sambal teri khas NTT, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Silahkan saja menyimak kelanjutan resepnya di bawah ini supaya Anda tidak kesulitan dalam proses pembuatannya!

Bahan:

  • 5 buah cabai rawit, diiris kasar
  • 3 tangkai daun kemangi, petik daunnya
  • 3 siung bawang merah, diiris halus
  • 3 buah jeruk nipis mentah yang warnanya hijau, iris dadu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan teri nasi
  • 2 buah tomat mengkal, diiris kotak

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan semua bahan-bahan dan bumbunya, Anda bisa mencuci dan merendam teri nasi dalam air panas. Setelah itu tiriskan dan sisihkan sebentar.
  2. Sesudah itu, iris dan petik sayur atau bahan yang sudah diinstruksikan di atas
  3. Campurkan semua bahan yang sudah siap untuk diolah dan aduk sampai rata.
  4. Diamkan beberapa saat supaya bumbunya meresap.
  5. Terakhir, hidangkan di meja makan bersama nasi putih yang masih panas, lalapan dan juga ayam goreng

Benar sekali, olahan cabai dan teri yang dibuat dengan resep sambal teri khas NTT di atas memang cocok jika disajikan bersama lalapan dan ayam goreng. Makan siang maupun makan malam Anda jadi tidak hambar dengan adanya sambal tersebut. Lagipula proses pembuatannya juga sangatlah mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit ditemukan di pasar. Baca Juga : Resep Membuat Plecing Ayam Khas NTB

Maka dari itu, Anda harus menyimpan resep sambal teri khas NTT ini di bookmark Anda supaya tidak kesulitan di lain waktu ketika membuatnya kembali! Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D