Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 25 Desember 2015

Resep Membuat Apang Kenari Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Apang Kenari Khas Sulawesi Utara – Ini dia yang dinamakan apang kenari. Kue yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara dengan bahan utam tepung terigu, tepung beras dan gula merah. Jajanan ini sebetulnya mirip dengan apang coe, hanya saja kalau apang kenari menggunakan almond panggang atau kenari sebagai bahan taburannya. Rasanya sama, manis dan lembut di lidah. Anda bisa membelinya jika berwisata ke Manado bersama keluarga.

Masyarakat di sana menghidangkannya secara sederhana dengan resep apang kenari khas Sulawesi Utara. Begitu nikmat hasilnya, karena tidak mengurangi kekhasan rasa yang tercipta. Jadi, bila Anda ingin mengolahnya sendiri di rumah, pakailah resep apang kenari khas Sulawesi Utara tersebut supaya hidangan nikmat dengan kelembutan rasa bisa membahagiakan keluarga.
Apang Kenari Khas Sulawesi Utara
Apang Kenari Khas Sulawesi Utara
Nah, di bawah ini adalah bahan-bahan serta pelengkap yang digunakan untuk membuat apang kenari di rumah. Sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun toko-toko. Lagipula, seperti yang telah disebutkan sebelumnya proses pembuatan jajanan Manado ini cukup mudah dengan resep apang kenari khas Sulawesi Utara.

Bahan:

  • 1 ½ ons gula merah, sisir halus
  • 1 ½ ons tepung beras
  • 1 ons tepung terigu dengan protein sedang
  • 150 ml air kelapa
  • 170 ml santan dari ½ butir kelapa
  • ¼ ons kenari, cincang
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh ragi instan

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat apang kenari, Anda bisa merebus gula merah bersama air kelapa sembari diaduk-aduk hingga mendidih
  2. Kalau sudah, saring dan biarkan hangat. Jangan lupa mengukur kaldunya sekitar satu gelas lebih sedikit atau 210 ml
  3. Tuang larutan gula tersebut ke dalam tepung beras sembari dikeplok-keplok selama seperempat jam
  4. Masukkan garam, baking powder, ragi instan dan tepung terigu bersama santan sembari tetap dikeplok-keplok selama 20 menit lagi.
  5. Selanjutnya, diamkan adonan selama satu jam. Siapkan cetakan kue mangkuk cucing yang telah dipanaskan.
  6. Tuang adonan di dalamnya lalu ratakan sampai menuh. Taburi kenari dan kukus selama setengah jam dengan api besar
  7. Angkat lalu sajikan di piring saji untuk dinikmati bersama

Memang kue dari resep apang kenari khas Sulawesi Utara ini cocok untuk disantap bersama keluarga. Anda bisa menghidangkannya saat mereka berkumpul di rumah. Jadi, waktu santai tidak akan membosankan. Apalagi ditemani secangkir kopi dan teh hangat yang bakal menambah kesyahduan hidangan. Baca Juga : Resep Membuat Ulin-Ulin Khas Kalimantan Selatan

Demikian resep apang kenari khas Sulawesi Utara. Anda bisa langsung mencoba mengolah atau menikmatinya. Semoga Anda sukses! Selamat mencoba dan salam koki.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D