Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 01 Desember 2015

Resep Membuat Gagauk Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Gagauk Khas Kalimantan Selatan – Makanan Indonesia sangat beragam. Mulai dari aneka sayur, aneka kue basah, kue kering, sajian hangat dan dingin serta lain-lainnya. Alangkah lebih nikmatnya bila Indonesia yang kaya tersebut juga didukung dengan kekayaan kuliernya. Kuliner Indonesia yang memiliki rasa khas dan nikmat memang perlu dilestarikan, terutama kuliner tradisional yang hampir punah seperti gagauk ini.

Gagauk merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang belum terkenal seperti bingka kentang, serabi, kue cincin dan aneka gangan. Meskipun begitu, bila Anda mencicipi makanan ini, akan terasa dunia berhenti berputar karena kelezatan rasanya. Makanan yang terbuat dari campuran ubi kayu dan parutan kelapa ini disajikan dengan cara dibungkus bersama sisiran gula merah. Rasa yang tercipta dari resep gagauk khas Kalimantan Selatan untuk membuatnya sangat kentara nikmatnya.
Gagauk Khas Kalimantan Selatan
Gagauk Khas Kalimantan Selatan
Silahkan membuat makanan ini di rumah dengan resep gagauk khas Kalimantan Selatan. Sangat mudah dan murah sekali, karena bahan-bahannya dapat ditemukan di pasar tradisional. Dengan rasanya yang nikmat, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berbelanja bahan-bahannya. Selamat mencoba!

Bahan:

  • ½ kg ubi kayu
  • 3 ½ ons kelapa setengah tua
  • ¼ kg tepung ketan
  • 1 ½ ons gula merah atau gula aren
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Jika sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, Anda bisa mengupas ubi kayu dan mencucinya hingga bersih
  2. Setelah itu parut ubi kayu tersebut diikuti dengan memarut kelapa setengah tua dan menyisir gula habang. Sisihkan dulu
  3. Berikutnya, campurkan ubi kayu yang sudah diparut halus dengan parutan kelapa dan tepung ketan. Aduk sampai rata
  4. Kemudian siapkan daun pisang dan letakkan adonan di atasnya. Taruh juga gula merah yang sudah disisir halus di tengahnya.
  5. Langkah berikutnya adalah membungkus gagauk tersebut seperti ketika membungkus botok. Semat dengan lidi
  6. Lakukan langkah tersebut sampai adonan gagauk habis lalu kukus selama kurang lebih 10 menit. Angkat
  7. Sajikan gagauk khas Kalimantan Selatan di piring saji dan silahkan menikmatinya.

Makanan dari resep gagauk khas Kalimantan Selatan ini memang memiliki rasa manis yang khas. Cara membuatnya juga lumayan unik. Cara menyantapnya lebih memberikan sensasi lagi, yaitu dengan membuka bungkusan gagauk dari daun pisang dan seketika aroma yang tercipta akan keluar dan menggugah selera. Segera nikmati makanan ini mumpung masih hangat dan masih sedap-sedapnya. Baca Juga : Resep Membuat Bubur Sagu Khas Kalimantan Selatan

Jangan lupa untuk mengajak serta keluarga mencicipi sajian buatan Anda dari resep gagauk khas Kalimantan Selatan. Mereka sudah pasti menyukainya dan bahkan ingin tambah. Solusinya adalah dengan menyimpan resep tersebut lalu mempraktekkannya lagi di lain waktu. Selamat berkreasi dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D