Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 01 Januari 2016

Resep Membuat Halua Kenari Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Halua Kenari Khas Sulawesi Utara – Halua kenari adalah hidangan khas Manado, Sulawesi Utara yang bentuknya semacam gula-gula kacang. Rasanya manis dan gurih, karena menggunakan kenari kupas sebagai bahan utamanya. Aroma kenari yang dihasilkan sangat harum dan membuat selera Anda timbul dengan seketika. Anda bisa membelinya di Manado jika sudah penasaran dan ingin mencicipinya!

Di daerah asalnya, yaitu Sulawesi Utara, makanan tersebut sudah menjadi jajanan resmi untuk berkumpul entah bersama teman maupun keluarga. Maka dari itu, sangat cocok bila Anda membeli jajanan dari resep halua kenari khas Sulawesi Utara sebagai oleh-oleh. Jadi, keluarga di rumah yang tidak ikut berlibur bisa merasakannya bersama Anda.
Halua Kenari Khas Sulawesi Utara
Halua Kenari Khas Sulawesi Utara
Merasakan makanan yang terbuat dari resep halua kenari khas Sulawesi Utara ini akan membuat penikmatnya ketagihan. Apalagi rasanya manis dan nikmat, sangat pas jika disantap bersama kopi pahit atau teh tawar. Anda harus segera membelinya sebelum keduluan tetangga atau saudara Anda yang lain.

Akan tetapi, ada cara khusus untuk merasakan nikmatnya makanan ini di rumah, yaitu mengolahnya sendiri menggunakan resep halua kenari khas Sulawesi Utara. Bahan-bahan yang digunakan hanya beberapa saja, tidak banyak. Dan itu tidak akan menyulitkan Anda, sebab kenari kupas yang digunakan bisa diganti dengan kacang almond atau kacang biasa. Prosesnya juga sangat mudah!

Baca kelanjutan resep halua kenari khas Sulawesi Utara di bawah ini dan perhatikan setiap point yang ada.

Bahan:

  • 5 ons kenari kupas, dicincang kasar
  • 3 ons gula merah, disisir halus
  • ¾ ons gula pasir
  • 100 ml air

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, Anda bisa memanggang kenari yang telah dicincang hingga matang serta kering
  2. Angkat lalu dinginkan selama beberapa saat dan sisihkan untuk mengolah adonan yang lain juga
  3. Siapkan wajan lalu taruh sisiran gula merah bersama gula pasir dan air di dalamnya. Aduk-aduk dan masak menggunakan api kecil hingga mengental serta berambut
  4. Kalau sudah, masukkan kenari cincang yang telah dipanggang sembari tetap diaduk rata.
  5. Kemudian siapkan loyang yang telah dialasi kertas minyak dan taruh sekitar satu sendok makan adonan di atasnya
  6. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis lalu diamkan hingga dingin serta kering selama beberapa saat
  7. Kalau sudah, lepaskan dari tempatnya dan sajikan di piring saji. Sajian halua kenari siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Lempeng Bungul Khas Kalimantan Selatan
Itu tadi resep halua kenari khas Sulawesi Utara. Anda bisa menghasilkan 8 ons sajian setelah mengolahnya di dapur. Lalu cicipi bersama keluarga dan jangan lupa menyimpannya dalam wadah tertutup, seperti toples dan sejenisnya. Anda juga bisa menyimpannya dalam kulkas supaya rasanya tidak melempem dan tetap nikmat. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D