Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 29 Februari 2016

Resep Membuat Engkak Ketan Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Engkak Ketan Khas Sumatera Selatan – Palembang adalah surganya pempek dan seluruh hidangan berbahan dasar ikan. Rasa gurih dari semua makanan tersebut bisa Anda nikmati dengan mudah di zaman modern ini. Pasalnya, hampir seluruh kota menyediakan pempek yang sesuai dengan keinginan Anda, terutama pempek tahu, pempek kulit serta pempek adaan. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke tempat asalnya untuk sekedar merasakan nikmatnya kuliner tersebut.

Bagaimanapun juga, dimana ada gurih pasti ada manis yang menyeimbangkannya. Sama dengan Palembang yang menghadirkan engkak ketan, yaitu semacam hidangan yang bentuknya mirip kue lapis tapi berbahan utama tepung ketan. Bahan tersebut diolah dengan resep engkak ketan khas Sumatera Selatan bersama santan, telur serta susu kental manis sehingga menghadirkan kekhasan rasa yang menarik untuk dicoba.

Bila Anda berkunjung ke Palembang, jangan lupa membeli kue ini. Jarang-jarang, kan Anda bisa merasakan nikmatnya perjalanan pulang bersama engkak ketan? Lagipula dengan menyantapnya saja, Anda akan merasa kenyang. Sebab, bahan-bahan yang digunakan resep engkak ketan khas Sumatera Selatan membuat kue ini terasa padat dan membuat eneg bagi siapapun yang menyantapnya dengan porsi berlebihan.

Anda juga bisa mengolahnya di rumah menggunakan resep engkak ketan khas Sumatera Selatan. Dengan bahan yang cukup sederhana, engkak ketan bisa menemani waktu santai Anda. Selamat mencoba!

Bahan:
  • 1 kg tepung ketan
  • 1 kg gula pasir
  • 1 ½ liter santan dari 4 butir kelapa, masak
  • 1 kaleng susu kental manis
  • ¼ kg mentega, dicairkan
  • 10 buah telur
  • Vanili secukupnya
Cara Membuat:
  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan lalu aduklah tepung ketan bersama santan sampai tercampur. Sisihkan
  2. Kocok telur bersama gula sampai putih menggunakan whisk. Namun jika Anda menggunakan mixer, cukup sebentar saja
  3. Tambahkan bahan-bahan lainnya dan kocok rata. Setelah itu saring dan siapkan loyang dengan ukuran 22x22 cm.
  4. Olesi mentega tipis-tipis lalu taburi sedikit tepung dan alasi dengan kertas roti. Tuang adonan selapis dengan ketebalan sesuai selera
  5. Panggang selama beberapa menit lalu angkat dan tuangi adonan lagi. Lakukan langkah tersebut seperti ketik membuat lapis legit
  6. Angkat lalu sajikan dengan memotong-motonginya sesuai selera di piring saji. Hidangan engkak ketan siap dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Lontong Banjar Khas Kalimantan Selatan
Untuk memanggangnya, Anda bisa menggunakan api bawah pada lapisan pertama hingga matang. Kalau sudah, pindahkan ke api atas pada lapisan kedua sampai seterusnya. Kue yang dibuat dari resep engkak ketan khas Sumatera Selatan ini bisa Anda jadikan camilan lezat saat santai bersama keluarga. Hanya dengan kopi yang masih panas atau teh hangat, kebersamaan Anda dengan keluarga akan semakin seru. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D