Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 19 Februari 2016

Resep Membuat Mie Tarempa Khas Riau

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Mie Tarempa Khas Riau – Mie. Siapa yang tidak suka makanan ini? Mie bisa diolah dengan berbagai cara serta rasa. Ada mie goreng, mie rebus, mie pedas, mie ayam dan masih banyak lagi. Teksturnya yang lembut serta mengenyangkan membuat banyak orang memilihnya sebagai menu makan siang maupun sekedar sebagai pengganjal perut saja. Walaupun demikian, konsumsinya harus dibatasi. Apalagi menyantap mie instant yang terlalu banyak bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Akan tetapi, banyak yang membuat olahan mie sendiri dengan membuat adonan dan mencetaknya lalu dimasak bersama aneka bumbu. Beberapa daerah di Indonesia juga menyajikannya dengan cara berbeda, seperti yang ada di Riau ini, yakni mie tarempa. Makanan dengan resep mie tarempa khas Riau ini merupakan sajian khas Kepulauan Riau yang banyak ditemukan di Batam. Nama tarempa sendiri berasal dari salah satu kelurahan di Siantan, Anambas.
Mie Tarempa Khas Riau
Mie Tarempa Khas Riau
Sebenarnya mie tarempa adalah mie yang digoreng bersama tongkol dan aneka bahan pendukung lainnya. Daging ikan tongkol sendiri mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Lagipula rasa gurih dan nikmat dari mie tarempa itu sendiri pasti membuat Anda tertarik untuk mencicipinya. Jadi, jangan lupa mampir jika berkunjung ke sana untuk mencicipi hidangan dari resep mie tarempa khas Riau ini.

Proses pembuatannya sebenarnya cukup simple, dengan bahan-bahan seperti mie kuning pipih, telur ayam, daging ikan tongkol, tauge, cabai rawit serta bumbu lainnya. Jika Anda tertarik, silahkan mengolahnya sendiri di dapur menggunakan resep mie tarempa khas Riau di bawah ini.

Bahan:

  • Mie kuning pipih secukupnya
  • 1 butir telur ayam
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • Bawang goreng secukupnya
  • Tauge secukupnya
  • Ikan tongkol secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk mengolah mie tarempa khas Riau
  2. Sesudah itu, Anda bisa mencuci ikan tongkol dan memisahkannya dari durinya. Kemudian cincang ikan tongkol tersebut
  3. Berikutnya, cincang juga bawang putih dan uleg cabai rawit. Selanjutnya, panaskan minyak untuk menumis kedua bumbu tersebut sampai harum
  4. Masukkan mie kuning, kecap manis, kecap asin, tauge dan cincangan ikan tongkol. Aduk-aduk sampai tercampur rata
  5. Tambahkan sedikit penyedap rasa jika suka, lalu aduk sebentar dan angkat. Sajikan mie tarempa di mangkuk atau piring saji untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Ilabulo Khas Gorontalo
Resep mie tarempa khas Riau di atas akan mengantarkan Anda menuju sajian favorit yang bisa membuat keluarga ketagihan. Sajikan sebagai santap siang maupun makan malam. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D