Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 05 Februari 2016

Resep Membuat Sambal Goreng Mandai Tiwadak Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Goreng Mandai Tiwadak Khas Kalimantan Selatan – Mandai tiwadak atau kulit buah cempedak merupakan bahan makanan yang banyak diolah di Kalimantan Selatan. Masyarakat Banjar ada yang hanya menggorengnya, menumisnya dengan bumbu-bumbu khas maupun menjadikan bahan makanan ini sebagai sambal goreng. Bagaimana rasanya jika benar dijadikan sebagai sambal goreng, ya?

Sambal goreng mandai tiwadak merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang cara pembuatannya mengolah kulit cempedak bersama cabai dan bawang serta bumbu lainnya. Jika mandai sudah selesai dibersihkan, bisa direndam atau dilumuri larutan garam lalu didiamkan dalam toples berhari-hari. Setelah lunak, baru diolah dengan bumbu-bumbu lainnya. Anda bisa menemukan makanan dengan resep sambal goreng mandai tiwadak khas Kalimantan Selatan ini di Banjarmasin.
Sambal Goreng Mandai Tiwadak Khas Kalimantan Selatan
Sambal Goreng Mandai Tiwadak Khas Kalimantan Selatan
Bila Anda ingin mengolahnya di rumah tanpa harus mendatangi daerah asalnya, baca saja secara keseluruhan resep sambal goreng mandai tiwadak khas Kalimantan Selatan. Setelah itu, Anda bisa langsung menyiapkan bahan-bahannya lalu mengikuti langkah-langkah yang ada seperti disebutkan di paragraf sebelumnya. Tapi, jika kurang mengerti, di bawah ini adalah ulasan resep sambal goreng mandai tiwadak khas Kalimantan Selatan yang paling detail dan paling rinci!

Bahan:

  • Mandai tiwadak secukupnya

Bumbu:

  • 1 buah cabai hijau, iris-iris
  • 1 siung bawang putih, iris-iris
  • 2 siung bawang merah, iris-iris
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah membersihkan cempedak atau mandai dari kulit luarnya lalu cuci menggunakan air sampai bersih
  2. Balurkan garam pada seluruh permukaan mandai tersebut lalu masukkan ke dalam toples dan biarkan beberapa hari sampai kulitnya menjadi lunak
  3. Kalau sudah, keluarkan dari toples dan potong-potong mandai tiwadak tersebut sesuai selera. Bisa kotak atau apapun
  4. Kemudian panaskan minyak untuk menggorengnya sampai kering. Angkat dan tiriskan lalu sisihkan sebentar
  5. Panaskan minyak kembali untuk menumis bawang putih, bawang merah dan cabai hijau sampai layu
  6. Masukkan potongan mandai tiwadak tadi. Lalu sembari tetap diaduk-aduk, Anda bisa menaburkan gula pasir dan kaldu ayam bubuk
  7. Masak sampai bumbunya meresap, kemudian angkat dan sajikan di piring saji
  8. Hidangan sambal goreng mandai tiwadak siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Growol Khas Kulonprogo
Hanya dengan nasi putih yang masih hangat serta kerupuk bawang, makanan dengan resep sambal goreng mandai tiwadak khas Kalimantan Selatan bisa terasa nikmat dan lengkap di mulut. Jangan lupa untuk menyantapnya bersama keluarga ketika berkumpul bersama. Anda juga harus membagi-bagikan hidangan unik ini kepada teman-teman dan tetangga yang kebetulan berkunjung ke rumah. Supaya mereka bisa sekalian belajar cara mengolahnya dengan resep sambal goreng mandai tiwadak khas Kalimantan Selatan dari Anda. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D