Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 19 April 2016

Resep Membuat Tapak Kebo Khas Jogja

Advertisement
Advertisement

Resep Tapak Kebo Khas Jogja – Diantara ratusan, bahkan ribuan jajanan di Indonesia, banyak yang sudah dikenal masyarakat luas dan tidak sedikit pula yang masih asing bagi mereka. Kue seperti wajik ketan, kue lapis, nagasari dan lemper mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Jawa, tapi belum tentu pula dikenal oleh masyarakat di Kalimantan, misalnya. Kecuali jika jajanan-jajanan tersebut diberi nama lain di daerah mereka.

Kemungkinan tersebut pasti ada, karena tidak sedikit pula daerah yang memiliki makanan atau jajanan khas sama dengan daerah lainnya. Mungkin nama atau bahan yang digunakan saja yang berbeda. Karena wujudnya sama, masyarakat jadi mengira bahwa makanan dari daerah A sebenarnya sama dengan makanan dari daerah B. Tapi, bagaimana dengan resep tapak kebo khas Jogja yang akan kami bahas? Apakah memiliki kesamaan juga?
Tapak Kebo Khas Jogja
Tapak Kebo Khas Jogja
Namanya memang tapak kebo, tapi bukan merupakan sajian yang berbahan utama daging kerbau, ya! Jajanan asal Jogja ini terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa muda, garam serta diisi dengan sisiran gula merah. Dibuat menurut resep tapak kebo khas Jogja dengan cara dikukus dalam sudi. Apakah sudi? Sudi adalah pembungkus tapak kebo yang terbuat dari daun kelapa. Istilah lainnya mungkin seperti takir dari daun pandan untuk membungkus pelita daun.

Jika Anda belum mengetahuinya, bisa mencari lebih lanjut bagaimana bentuk sudi tapak kebo ini. Tapi, tetap saja nanti kalau jajanan tersebut sudah jadi bakal dikeluarkan dari sudi-nya. Kalau Anda lebih suka tetap terbungkus sudi daun pisang juga tidak apa-apa. Malah rasa dan aromanya jauh lebih enak. Yuk, mari membuatnya di dapur dengan resep tapak kebo khas Jogja.

Bahan:

  • ¼ kg tepung beras
  • 1 ½ ons kelapa muda, diparut memanjang
  • 1 ½ ons gula merah, disisir halus
  • 2 sendok teh air
  • ¼ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, persiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah jajanan tapak kebo khas Jogja
  2. Kedua, campurkan tepung beras dan parutan kelapa dalam sebuah wadah hingga rata.
  3. Lalu, beri air dan garam sambil diaduk-aduk.
  4. Kemudian, masukkan adonan tersebut ke dalam sudi daun pisang. Beri sisiran gula merah dan tutup kembali sambil dipadatkan
  5. Selanjutnya, ulangi langkah di atas sampai semua tapak kebo terbungkus rapi
  6. Terakhir, kukus bungkusan-bungkusan tapak kebo selama 20 menit hingga matang. Angkat
  7. Berikutnya, keluarkan tapak kebo dari sudinya dan sajikan di piring saji. Hidangan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Tili Aya Khas Gorontalo
Berakhirlah resep tapak kebo khas Jogja di atas. Panduan memasak tersebut akan membawa Anda menyajikan 24 buah sajian. Sedikit tips, untuk menghasilkan warna kue tapak kebo yang cantik Anda bisa mengupas kulit kelapa yang berwarna coklat sebelum diparut. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D