Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 08 Mei 2016

Resep Membuat Garbuk Khas Madura

Advertisement
Advertisement

Resep Garbuk Khas Madura – Madura, sebuah daerah yang sangat terkenal dengan karapan sapinya. Meskipun demikian, Madura sendiri juga terkenal dengan kuliner-kuliner khasnya, seperti sate ayam ataupun bubur kacang ijo. Makanan-makanan tersebut tentunya sudah lama dibawa para penduduk merantau ke daerah lainnya, sehingga mungkin Anda sudah pernah mencobanya.

Jika berbicara tentang kuliner khas Madura memang tidak hanya dua yang disebutkan itu saja. Banyak sekali jenis, bentuk, rasa, bahan pembuat sekaligus proses pengolahannya. Walaupun sederhana, tapi kuliner khas mereka memiliki keistimewaan yang hanya bisa dirasakan penikmatnya secara langsung. Seperti sajian dari resep garbuk khas Madura ini.
Garbuk Khas Madura
Garbuk Khas Madura 
Garbuk merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Madura. Makanan yang berbahan utama parutan singkong serta sisiran gula merah ini memiliki penampilan serta warna yang menarik. Dari kejauhan memang seperti cake yang telah dipotongi dan diberi topping tertentu. Namun, jika Anda sudah merasakan hidangan resep garbuk khas Madura ini pasti akan ketagihan.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa keistimewaan rasa yang dihadirkan makanan tertentu hanya bisa dirasakan oleh penikmatnya. Hal itu berkaitan juga dengan proses pengolahannya yang menarik dan istimewa. Perpaduan bahan yang digunakanpun mempengaruhi sajian tersebut, terutama resep yang digunakan dari waktu ke waktu. Untung saja garbuk tetap mempertahankan resep garbuk khas Madura, sehingga cita rasanya semakin istimewa.

Bila Anda ingin membuatnya, silahkan membaca kelanjutan resep garbuk khas Madura di bawah ini. Proses pengolahannya sangat mudah dan sederhana, bahan-bahan yang digunakan juga tidak membingungkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil menghidangkannya!

Bahan:
  • ¾ kg singkong
  • 1 ons gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah sajian garbuk khas Madura
  2. Kemudian kupas singkong yang juga telah ditimbang sesuai takaran, lalu cuci hingga bersih
  3. Parut singkong tersebut sampai benar-benar halus.
  4. Sisihkan untuk menyisisr gula merah hingga halus pula
  5. Kalau sudah, campurkan parutan singkong dengan garam sembari diaduk rata
  6. Siapkan loyang dengan ukuran 18x18x4 cm yang telah dialasi plastik serta diolesi minyak goreng tipis-tipis
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang tersebut lalu beri sisiran gula merah di atasnya. Ratakan
  8. Sesudah itu, kukus adonan garbuk selama kurang lebih 40 menit hingga matang
  9. Angkat dan potong-potong sesuai selera, selanjutnya sajikan di piring saji
  10. Hidangan garbuk khas Madura siap dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Simping Khas Purwakarta
Resep garbuk khas Madura di atas akan menghasilkan 16 potong sajian. Dalam menyajikannya, Anda bisa menambahkan topping lain seperti keju tau cokelat parut misalnya. Tambahkan adonan jika diperlukan. Lalu selamat mengolahnya dan salam koki! Tunggu resep-resep berikutnya dari kami, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D