Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 16 Mei 2015

Cara Membuat Lempah Darat khas Bangka Belitung

Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Lempah Darat khas Bangka Belitung - Indonesia adalah negara kepulauan, itu artinya Indonesia memiliki begitu banyak pulau. dari bannyaknya pulau tersebut, setiap pulau memiliki makanan khas sendiri – sendiri. Dengan demikian Indonesia juga memiliki variasi kuliner yang bermacam – macam, malah terkadang satu daerah memiliki lebih dari satu macam makanan khas.

Ngomong-ngomong megenai makanan khas, apakah anda pernah mendengar makanan yang bernama lempah darat? Yup, lempah darat adalah masakan khas Bangka Belitung yang banyak disukai oleh masyarakatnya. Makanan ini dijadikan makanan favorit karena selain memiliki cita rasa yang lezat, Lempah Darat juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahan dasarnya yang merupakan umbi – umbian yaitu talas membuat makanan ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Talas banyak mengandung beberapa vitamin yang berguan bagi tubuh, misalnya saja Vitamin A dan juga Vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, talas sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, membantu dalam menstabilkan tekanan darah, dapat mengatasi kelelahan dan juga sebagai anti aging. Baca Juga : Resep Tahu Kok Khas Bangka Belitung

Cara Membuat Lempah Darat
Cara Membuat Lempah Darat
Mengetahui begitu banyaknya manfaat dari makanan ini, tidak ada salahnya untuk membuatnya di rumah dan menyajikannya untuk keluarga. Dengan perpaduan talas dengan beberapa bahan lainnya membuat lempah darat ini memiliki rasa yang istimewa. Penasaran? Untuk lebih tahu bagaimana cara membuatnya, berikut ini akan dijelaskan tentang resep membuat lempah darat masakan khas dari Bangka Belitung :

Bahan yang diperlukan untuk Membuat Lempah Darat
  • Talas/Keladi 10 batang
  • Daun Idat yang masih muda 2 ikat
  • Daun Kencur yang masih muda 1 ikat
  • Terong Pipit muda 12 bh
  • Terong Ungu muda 5 bh
  • Kucai 1 ikat
  • Kacang Kecipir 1 ikat
  • Terasi 0,5 ons
  • Cabai Rawit 5 bh
  • Cabai Merah 8 bh
  • Garam 1 sdt
  • Penyedap Rasa 0,5 sdt
  • Gula 1 sdm
  • Air 1 lt

Cara pembuatan Lempah Darat khas Bangka Belitung :
  1. Ambil talas yang telah disediakan, kemudian bersihkan dan cuci dengan air baru dipotong menjadi beberapa bagian dengan ukuran kurang lebih 2 ½ cm.
  2. Belahlah terong pipih dan juga terong ungu menjadi dua saja.
  3. Potong kecipir dengan cara potong menyiku kurang lebih satu cm, begitu juga dengan daun kencur muda dan kucainya. Hal yang penting untuk anda ingat adalah mencucinya terlebih dahulu sebelum anda memotong semua bahan tersebut. Ini bertujuan agar sari yang terkandung tidak akan banyak terbuang.
  4. Haluskan semua bumbu yang telah disediakan, yaitu terasi, cabai rawit, cabai merah, garam serta penyedap rasa.
  5. Masukkan air kedalam panci, didihkan air tersebut, jika suah, masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi, baru masukkan bahan – bahannya mulai dari talas, terong, kacang kecipir, kucai, maupun daun kencur yang masih muda.
  6. Tunggu hingga bahan – bahan tersebut menjadi layu, baru anda bisa memasukkan daun idat yang sudah diremas dan juga gula.
  7. Yang terakhir, tunggu hingga masakan menjadi matang, baru anda bisa mematikan kompor anda dan menyajikannya di meja makan anda.


Karena bahan yang dibutuhkan relatif banyak, anda perlu teliti dalam memasaknya agar tidak ada bahan yang tertinggal dan akan menghasilkan masakan yang sempurna.
Selamat mencoba !

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana