Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 12 Mei 2015

Cara Membuat Minuman Tradisional Teh Talua Padang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Minuman Tradisional Teh Talua khas Padang – Minuman satu ini kerap disajikan sebagai teman makan pisang goreng di sore atau malam hari sebagai teman untuk bersantai. Teh talua memiliki tekstur kental dan rasa yang manis. Teh talua dibilang unik karena terbuat dari kuning telur yang dikocok. Tapi siapa sangka, karena rasa teh talua tidak amis sama sekali.
Minuman Tradisional Teh Talua khas Padang
Minuman Tradisional Teh Talua khas Padang
Teh talua, dilihat dari bahasanya saja sudah kelihatan. Talua berarti telur, jadi teh talua adalah teh yang dicampur dengan kuning telur bebek atau ayam kampung. Nah, untuk finishingnya biar makin mantap biasanya dicampurkan dengan gula dan susu. Sekilas minuman tradisional ini mirip dengan cappuccino latte hanya saja ini terdiri dari 3 warna yang berlapis. Baca Juga : Resep Martabak Kubang Khas Padang

Dulunya teh talua hanya dihidangkan khusus untuk para petinggi atau ranah bangsawan di padang. Tapi karena kenikmatannya, teh talua kini banyak ditemukan dan sangat mudah untuk ditemukan di hampir penjuru Padang. Banyak masyarakat yang tertarik menikmatinya baik di warung ataupun rumah. Untuk waktu menikmatinya tergantung sesuai selera, namun karena konon teh ini mampu meningkatkan kebugaran siapapun yang meminumnya, maka kebanyakan masyarakat Padang lebih suka mengonsumsinya untuk malam atau pagi hari sebelum atau sesudah beraktivitas.

Penasaran bagaimana cara membuat minuman tradisional teh talua? Simak langsung resep berikut.

Bahan-bahan Membuat Minuman Tradisional Teh Talua Padang

  • Telur ayam kampung yang diambil kuningnya 1 butir
  • Teh bubuk secukupnya saja (bisa gunakan teh hitam/teh celup sesuaikan selera)
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Air dari perasan jeruk nipis 1 butir
  • Air panas secukupnya
  • Susu kental, madu, vanilla, moccalatte, dll (variasi sesuai selera)

Cara pembuatan Minuman Tradisional Teh Talua khas Padang

  1. Siapkan telur dan pisahkan putih telur dengan kuning telur. Hati-hati dalam memisahkan antara kuning dan putih telur karena ini akan menentukan tingkat keamisan dari teh talua.
  2. Kemudian kocok telur hingga mengembang. Cita rasa dari teh talua akan dinilai dari sini, jadi pastikan untuk mengocoknya dengan benar dan hingga mengembang.
  3. Kocok terus hingga kuning telur menjadi seperti busa putih.
  4. Berikan atau campurkan teh hitam yang telah dipanaskan kedalam kocokan telur. Gunakan saringan agar teh hitam tidak tercampur dalam teh talua. Teh hitam lebih sering digunakan daripada teh celup karena untuk masalah rasa, teh ini jauh lebih kuat dibanding biasanya.
  5. Agar teh talua terasa kesegarannya, masukkan jeruk nipis dan pemanis kedalamnya. Sesuaikan dengan selera kamu.
  6. Nikmati selagi teh talua hangat.
  7. Jika kamu suka bervariasi, kamu bisa tambahkan beberapa bahan seperti susu kental, vanilla, dll.

Itulah cara membuat minuman tradisional teh talua yang enak, lezat dan berstamina. Minumlah teh ini sebelum atau sesudah berativitas agar tubuhmu kembali bugar.  Baca juga : Resep Ketupat Cubadak khas Padang

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D