Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 05 Mei 2015

Resep Ayam Tangkap khas Aceh

Advertisement
Advertisement

Resep Ayam Tangkap khas Aceh - Kalau kamu adalah seorang yang hobi travelling dan kebetulan hendak singgah ke Serambi Mekah, sempatkanlah untuk berwisata kuliner di tempat ini. Jangan kira jika Propinsi paling ujung ini tidak mempunyai makanan khas dengan rasa yang sangat lezat, malahan makanan khas Aceh adalah salah satu yang terbaik, dan salah satunya adalah menu ayam tangkap.

Ayam Tangkap khas Aceh
Ayam Tangkap khas Aceh


Meskipun menu ini tidak begitu seterkenal makanan khas Aceh lainnya seperti keumamah ikan kayu khas aceh , asam sunti, martabak Aceh, dll. tapi untuk rasa, dipastikan ini masuk kategori yang terbaik. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba membuatnya, maka tidak salah untuk mampir dan menyempatkan membaca resep ayam tangkap khas Aceh dibawah ini. Selain ini untuk memperkaya variasi olahan daging ayam untuk keluarga, resep ayam tangkap khas Aceh ini juga tidak kalah lezat dibandingkan dengan olahan ayam lainnya. Untuk lebih jelasnya dan sebagai buktinya, langsung saja praktikkan resep dibawah ini:

Bahan untuk membuat ayam tangkap
- Ayam kampung muda yang dipotong menjadi 30 buah
- Gula merah ½ ons yang diparut
- Daun jeruk purut 6 lembar
- Serai 3 batang yang dimemarkan
- Air ¼ liter
- Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu halus
- Bawang merah 100 gram
- Bawang putih 3 siung
- Merica 10 butir
- Jahe 3 cm
- Kunyit 2 cm yang dibakar
- Asam sunti 2 buah yang direndam air hingga tekstur berubah lunak
- 1½ sendok teh garam

Rempah-rempah
- Bawang merah 100 gram yang diiris tipis
- Cabai hijau 15 buah yang dipotong membujur dan melintang
- Daun pandan 10 lembar yang diiris halus
- Salam koja 10 lembar
- Daun kunyit 5 lembar yang diiris halus
- Bawang putih 2 siung yang diiris halus
- Daun kunyit, daun bawang secukupnya dan iris halus
- Amil serai bagian putihnya 2 batang dan iris halus

Cara membuat:
1. Goreng semua rempah secara bergantian, angkat kemudian tiriskan
2. Masukkan gula merah, daun jeruk, serai, bumbu halus. Tambahkan air kemudian masukkan ayam. Aduk hingga merata. Usahakan ketika memasak, api dalam keadaan kecil. Angkat dan tiriskan.
3. Panaskan kembali minyak goreng, masukkan ayam yang telah direbus dalam minyak yang telah panas/tua. Salah satu kesuksesan masakan ini tergantung dari proses penggorengan, jadi pastikan seluruh ayam tercelup kedalam minyak dan usahakan agar ayam tidak berhimpitan satu sama lain. Lebih baik lagi jika wajan yang digunakan berukuran besar, ini akan sangat membantu proses penggorengan. Goreng hingga berwarna kecoklatan lalu angkat.
4. Sajikan ayam tangkap dan rempah goreng selagi hangat.

Itulah resep ayam tangkap khas Aceh yang lezat. Jika kamu termasuk seorang yang kreatif, kamu bisa memodifikasi resep dengan menambahkan porsi bahan sesuai dengan selera kamu. Semoga membantu dan selamat berkreasi ! mau coba kue juga yang khas aceh ? coba juga kue bhoi khas aceh

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D