Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 07 Mei 2015

Resep Daun Ubi Tumbuk Khas Medan

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep daun ubi tumbuk khas Medan - Jika anda seorang yang tidak begitu sayuran, kelihatannya perlu mencoba masakan yang satu ini. Meskipun termasuk sebuah masakan yang aneh terdengar dan dibayangkan, namun dijamin untuk rasa pasti menggugah selera. Bisa jadi, kamu yang dulunya sangat membenci sayuran menjadi sangat menyukai sayuran setelah merasakan masakan khas Medan ini.

Daun tumbuk ubi merupakan menu makanan keluarga yang terbuat dari olahan daun ubi yang ditumbuk dan kemudian dimasak seperti gulai. Dalam benak pikiran pasti tidak sanggup membayangkan apakah ini akan lezat atau malah sebaliknya. Namun, cobalah berhenti dari sisi rasa, dan cobalah melihat sisi lain dari si daun singkong/ubi ini, utamanya dalam hal kesehatan. baca juga masakan khas medan lainnya : Resep Bika ambon khas medan

Daun Ubi Tumbuk Khas Medan
Daun Ubi Tumbuk Khas Medan


Nah, kini kita akan bahas sedikit mengenai kandungan daun singkong ini, semoga bisa sedikit merubah pikiran kamu. Mari mulai dari protein, protein nabati yang terkandung dalam daun singkong sangat berguna untuk membangun sel tubuh dan serta sebnagai salah satu komponen untuk membuat enzim. Selain itu, asam amino yang berada dalam hijau daun bertugas untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memulihkan luka, meningkatkan daya ingat, mengatur sistem metabolisme dalam tubuh, menguatkan tulang dan juga meregenerasi kulit. Jadi, bagi kamu yang tidak suka/alergi sayuran, cobalah berfikir ulang dan cobalah resep daun ubi tumbuk dibawah ini. Tinggalkanlah bayangan bahwa daun singkong tidak enak, karena setelah dimasak, ini akan berbeda jauh dari apa yang dibayangkan.

Bagaimana? Tertarikkah untuk mencoba daun ubi tumbuk? Tidak perlu jauh-jauh ke medan untuk menikmati sajian lezat ini, kamu bisa membuatnya sendiri. Caranya mudah, cukup berutak-atiklah di dapur dengan resep daun ubi tumbuk dibawah ini.

Bahan yang diperlukan untuk membuat daun ubi tumbuk khas Medan

  • Daun singkong/ubi 1 ikat
  • 1 buah kincong/honje/kecombrang
  • 10 butir takokak/terung pipit
  • Laos/lengkuas 1 ruas
  • 10 buah cabai rawit (sesuaikan selera)
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun salam
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • Ebi, garam, tomat secukupnya
  • Santan 500 ml


Cara membuat Daun Ubi Tumbuk Khas Medan

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, ebi dan jahe. Tambahkan takokak, kincong dan daun ubi. Tumbuk kasar dan pastikan semua tercampur rata.
  3. Siapkan air yang telah dipanaskan dalam panci kemudian masukkan lengkuas/laos, daun salam dan serai. Tambahkan garam secukupnya dan tunggu hingga mendidih.
  4. Masukkan daun ubi yang telah ditumbuk. Masak hingga setengah matang dan air mulai mengering, kemudian masukkan santan.
  5. Aduk terus secara perlahan dan terus menerus untuk menghindari santan pecah.
  6. Terakhir masukkan tomah dan aduk hingga daun ubi dan seluruh bumbu matang sempurna. Angkat dan sajikan.


Agar lebih menambah selera, sajikan dengan nasi putih hangat dan kombinasi sambal tuk-tuk atau ikan asin goreng. Sekian resep daun ubi tumbuk ini kami sajikan, semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D