Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 10 Mei 2015

Resep Dendeng Balado Khas Padang

Advertisement
Advertisement

Resep Dendeng Balado Khas Padang- Dendeng balado adalah salah satu panganan khas Padang yang awet bertekstur kasar, pedas dan juga lezat ini telah menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika ini kerap menjadi sajian di hari raya. Makanan yang berasal dari bahan utama berupa daging sapi olahan ini dimasak tanpa menggunakan santan, namun tetap menggunakan minyak untuk menggorengnya. Dendeng balado cocok dijadikan hidangan hari raya, dendeng balado juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Karena model dendeng ini yang kering maka mudah untuk menghiasnya, bisa saja dimasukkan dalam toples kemudian diberi pita agar nampak cantik dan layak untuk oleh-oleh. Baca juga resep rendang daging khas padang

Dendeng Balado Khas Padang
Dendeng Balado Khas Padang
Pembuatan dendeng balado terbagi menjadi dua bagian, dendeng dan bumbu balado. Untuk bahan pembuatan dendeng, sebenarnya semua bahan bisa digunakan hanya saja untuk hasil yang terbaik, gunakan daging sapi has bagian dalam. Ketika membersihkannya, hindari mencuci daging sapi ini, karena proses pencucian bisa mengakibatkan tekstur dan serat sapi menjadi rusak. Untuk menghilangkan kotoran yang menempel cukup dengan merebus daging sapi dengan air matang untuk menghilangkan darah beserta kotoran yang melekat. Lebih jelasnya mengenai pembuatannya, langsung saja simak resep dendeng balado padang berikut.

Bahan utama Dendeng Balado Khas Padang

  • Daging sapi has 1 kg atau pilih yang berkandungan lemak sedikit
  • Bawang putih 7 siung yang telah digeprak
  • 3 butir buah pekak
  • Air secukupnya untuk merebus dan merendam
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu balado

  • 4 buah cabai merah (buang isinya kemudian tumbuk kasar)
  • 8 buah cabai keriting (tumbuk kasar)
  • Garam secukupnya
  • 3 lembar daun jeruk
  • 9 butir bawang merah (diiris tipis)
  • 2 sdm Air asam (campuran asam jawa dan air)

Bahan rendaman

  • Bawang merah 3 butir haluskan
  • 1 sdt lada bubuk/halus
  • 1 sdt ketumbar yang telah dihaluskan
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat  Dendeng Balado Khas Padang

  1. Rebus daging sapi dalam air mendidih agar kotoran hilang. Campurkan dengan bawang kurang lebih 3 siung. Rebus, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan air dalam panci kemudian tambahkan lada, bawang putih, buah pekak dan garam secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur.
  3. Masukkan daging sapi, masak hingga matang dan empuk kemudian potong kecil-kecil sesuai alur. Pukul sedikit agar tekstur daging sapi menjadi agak sedikit pipih melebar.
  4. Sementara menunggu, buatlah rendaman daging. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada putih, air asam dan ketumbar. Masukkan dalam wadah dan tuangkan air secukupnya. Aduk hingga rata. Terakhir masukkan gula pasir dan garam, aduk hingga rata.
  5. Masukkan daging kedalam air rendaman dan diamkan sekitar 1 jam.
  6. Siapkan minyak panas dengan api sedang dan goreng hingga dendeng berwarna kehitaman. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
  7. Membuat bumbu balado: panaskan minyak dalam wajan kurang lebih 7 sdm.
  8. Tumis bawang merah hingga matang dan masukkan cabai rawit, merah, garam, daun jeruk dan juga air asam. Aduk hingga rata.
  9. Masukkan dendeng yang sudah digoreng dalam bumbu balado, aduk hingga rata.
  10. Angkat lalu sajikan.

Demikian resep dendeng balado padang yang lezat, gurih dan enak yang bsia kami sajikan. Jika kamu suka silakan dicoba dan jangan lupa untuk mengecek resep kami selanjutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana