Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 10 Mei 2015

Resep Dendeng Batokok Saus Hijau Khas Padang

Advertisement
Advertisement

Resep dendeng batokok saus hijau khas Padang - Siapa yang tidak kenal dengan makanan bernama dendeng. Dendeng adalah salah satu makanan Padang yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi panganan lezat, enak dan pastinya menggoda selera makan. Berbeda dari olahan dendeng jawa yang manis dan lunak, dendeng padang mempunyai tekstur yang tipis, keras dan juga pedas. Nah, tekstur keras ini didapat dari proses pembakaran, penggorengan ataupun penjemuran.

 Dendeng Batokok Saus Hijau Khas Padang
 Dendeng Batokok Saus Hijau Khas Padang
Untuk jenis dendeng khas padang sebenarnya ada banyak, yang cukup terkenal adalah balado dan batokok. Sekilas terlihat sama, namun ternyata keduanya berbeda baik dari cara memasak maupun bahan yang dipergunakan. Jika dendeng balado menggunakan cabai merah, maka sebaliknya dendeng batokok menggunakan cabai hijau sebagai sausnya. Selain itu, bahan yang digunakanpun lebih banyak dendeng batokok daripada balado.

Sesuai dengan namanya, batokok (dipukul-pukul) makan dalam proses pembuatannyapun juga demikian. Daging sapi yang telah diris tipis sekitar ketebalan 1 cm, dipukul-pukul hingga pipih melebar. Baru setelah itu dendeng ini dibakar/dipanggang. Lebih lengkapnya untuk cara pembuatan, silakan simak resep dendeng batokok saus hijau khas padang berikut.

Bahan yang diperlukan untuk membuat dendeng batokok

  • 300 gr daging sapi
  • 600 ml air kelapa
  • ½ sdm ketumbar
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Cabai hijau 7 buah
  • Cabai rawit hijau 15 buah
  • Jahe 1 ruas jari
  • 1 buah tomat hijau
  • 100 ml air rebusan daging
  • Jeruk nipis sesuai selera
  • Margarin secukupnya untuk menumis
  • Garam sesuai selera

Cara membuat Dendeng Batokok Saus Hijau Khas Padang

  1. Haluskan semua bumbu (bawang putih, jahe, ketumbar, dan garam). Lumurkan bumbu yang telah dihaluskan dengan bumbu tersebut kemudian diamkan sekitaran 15-20 menit agar bumbu meresap sempurna.
  2. Sementara menunggu bumbu meresap, siapkan panci dan rebus air kelapa. Masukkan daging dan masak hingga empuk dan air menyusut. Kurang lebih proses ini memakan waktu 45 menit.
  3. Sementara itu, tumbuklah bawang merah, cabai hijau dan rawit.
  4. Kembali lagi ked aging yang direbus. Ketika daging telah matang dan empuk, lalu iris daging kemudian pukul dengan uleg agar daging melebar dan tipis. Kemudian panggang dalam oven kurang lebih 20 menit. Jangan lupa untuk membalik kedua sisinya agar tidak gosong dan daging terpanggang merata.
  5. Buatlah saus dendeng batokok: siapkan wajan dengan margarine yang telah dipanaskan. Tumis bumbu yang telah ditumbuk hingga layu dan beraroma harum. Tambahkan air rebusan daging sekitar 100 ml kemudian didihkan. Tambahkan air jeruk nipis dan irisan tomat. Terakhir masukkan garam sesuai dengan selera, masak hingga mendidih lalu angkat.
  6. Sajikan dendeng dalam piring saji kemudian siramkan saus batokok diatasnya.

Sebenarnya, untuk proses pemanggangan sangat dianjurkan menggunakan api kecil seperti biasanya membakar sate dll, namun jika tidak mempunya alat pembakar, bisa juga menjadikan oven sebagai alternatif. Selamat mencoba! Baca juga : resep Dendeng balado khas padang

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana