Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 09 Mei 2015

Resep Oblok-oblok Ayam Simalungun Khas Pematang Siantar

Advertisement
Advertisement

Resep Oblok-oblok ayam Simalungun – Apakah kamu pernah mencicipi masakan oblok-oblok ayam simalungun? Masakan yang terkenal di daerah sekitaran pematang siantar ini memang terkenal sangat segar, pedas, wangi dan gurih. Oblok-oblok ayam termasuk panganan yang sehat karena dimasak tanpa menggunakan santan dan juga tanpa ditumis. Selain itu, salah satu hal yang membuat khas adalah campuran rempah didalamnya, asam sikala dan juga andaliman.

Andaliman dan juga asam sikala sangat mudah ditemukan di daerah batak. Jika andaliman mempunyai bentuk seperti merica (bulat, hijau, kecil dan bergerombol) dengan tekstur rasa yang pahit/getar dan mempunyai bau wangi seperti jeruk purut, sedangkan asam sikala adalah buah dari bunga yang kerap disebut kecombrang atau kincung. Asam sikala sangat mudah ditemukan karena bentuknya bergerombol mirip seperti salak. Rasa asam yang segar pada bagian kulitnya dan bau kincung yang wangi adalah kekhasan dari rempah atau bumbu yang satu ini. Sedangkan daging dari asam sikala ini cukup sedikit dan mempunyai rasa sedikit masam dan bijinya berwarna hitam. Perpaduan keduanya dalam sebuah masakan jelas tidak diragukan lagi, rasa asam, pedas dengan aroma khasnya sangat berbeda dari lainnya dan ini rasa ini hanya bisa ditemukan di daerah batak. baca juga : Resep Rendang Siantar Khas Pematang Siantar


Oblok-oblok Ayam Simalungun
Oblok-oblok Ayam Simalungun


Namun, jangan khawatir, kini telah banyak beredar resep makanan khas batak beserta bumbu-bumbunya, jadi kamu bisa tidak usah travelling jauh-jauh ke batak untuk merasakan oblok-oblok ayam simalungun. Cukup dicoba didalam dapur dan kamu bisa membuat hidangan khas batak tanpa harus ke batak. Nah, ingin mencoba memasak dan merasakan oblok-oblok simalungun lengkap dengan dua bumbu rahasia bataknya? Langsung saja simak resep oblok-oblok ayam simalungun dibawah ini:

Bahan yang digunakan untuk membuat oblok-oblok ayam

  • 1 ekor ayam kampung sekitar 900 gram (bisa juga diganti dengan bebek)
  • 2 ruas jahe
  • 7 siung bawang putih
  • 11 butir bawang merah
  • 4 buah asam sikala
  • 10 gram andaliman
  • 10 buah cabai rawit (sesuaikan dengan selera)
  • 7 buah kemiri
  • Garam secukupnya


Cara membuat oblok-oblok ayam

  1. Ambil asam sikala dan buang bagiannya yang keras. Haluskan atau blender bumbu yang digunakan (jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, andaliman, asam sikala, dan kemiri) hingga halus.
  2. Campurkan bumbu halus dengan ayam lalu tambahkan garam. Sesuaikan dengan selera.
  3. Siapkan presto dan masukkan ayam beserta semua bumbu didalamnya. Masak hingga ayam setengah matang lalu buka tutup panci presto lalu masak kembali tanpa menggunakan tutup. Dengan cara ini bumbu akan meresap dengan sangat baik hingga kedalam dagingnya.

Jika tidak mempunyai presto, gunakan panci biasa, namun proses memasaknya agak sedikit lebih lama dibanding memasak menggunakan presto. Tapi, ini tidak menjadi masalah, karena nantinya akan setimpal dengan rasa khas oblok-oblok ayam yang dihasilkan. Nah, mudah dan cepat untuk mempratikkan resep oblok-oblok ayam simalungun diatas bukan? Dengan sedikit ketelatenan maka rasa yang khas dan unik ini akan menggugah selera siapapun yang melihatnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana