Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 09 Mei 2015

Resep Rendang Siantar Khas Pematang Siantar

Advertisement
Advertisement

Resep Rendang Siantar Khas Pematang Siantar – Rendang merupakan masakan daging yang kaya protein, mempunyai rasa pedas dan kaya akan campuran berbagai macam rempah. Makanan yang termasuk kategori lauk pauk ini sangat mudah ditemukan dan juga mudah untuk dibuat.

Rendang dihasilkan dari proses memasak berulang ulang dengan menggunakan santan. Nah, lama memasaknya bisa sampai berjam-jam tergantung dari selera masing-masing. Rendang yang telah berwarna hitam pekat, keting dan juga kental inilah yang telah matang, umumnya sih 4 jam untuk memasak rendang, tapi untuk ketahannya jangan ditanyakan. Sesuai dengan lama memasaknya, rendang juga memiliki ketahanan hingga berminggu-minggu tanpa bahan pengawet. Kini menu rendang bisa dengan mudah ditemukan di hampir seluruh rumah makan padang, tidak hanya di dalam negeri tapi juga diluar negeri. Dan untuk penggemar rendang sendiri juga tidak tanggung-tanggung, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan juga Brunei. baca juga : Resep obok-obok ayam simalungun khas pematang siantar

Rendang Siantar Khas Pematang Siantar
Rendang Siantar Khas Pematang Siantar


Karena rendang terdiri dari banyak variasi rasa dan jenis tergantung dari daerahnya, kini kita akan sedikit mengulas tentang resep rendang siantar. Resep rendang siantar ini pada umumnya memang sama dengan rendang jenis lainnya, hanya yang membedakan adalah bumbu yang digunakan untuk mengolahnya. Penasaran merasakan rendang khas siantar? Langsung saja cek resep berikut.

Bahan yang diperlukan membuat rendang siantar

  • 200 gram kelapa
  • 400 ml santan kental
  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah cabai merah (sesuaikan dengan selera)
  • 2 cm kunyit
  • 1 batang serai
  • 4 cm jahe
  • ¼ lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • 500 gram daging sapi yang telah dipotong dadu kecil


Cara membuat rendang siantar

  1. Parut kelapa kemudian sangria hingga berwarna kecoklatan lalu haluskan dengan blender. Untuk membuat rendang siantar cukup gunakan kelapa parut kering dengan berat 50 gram saja
  2. Haluskan semua bumbu (bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai dan jahe). Jika bumbu dihaluskan dengan cara diblender, maka tambahkan sedikit minyak goreng agar bumbu lebih mudah halus. Untuk tingkat kepedasan bisa disesuaikan sesuai dengan selera.
  3. Setelah bumbu halus merat, lalu tumis dengan minyak yang telah panas hingga beraroma harum
  4. Siapkan wajan berpenutup lalu masukkan bumbu yang telah ditumis, daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil, kelapa sangrai, santan kental, daun kunyit, daun jeruk, dan serai. Tambahkan air hingga daging terendam sempurna. Gunakan api kecil untuk memasaknya dan tutup wajan hingga sekitar 1 jam. Setelah 1 jam berlalu, besarkan api dan aduk terus hingga air dalam wajan kering dan mengental. Angkat lalu sajikan.

Demikian resep rendang siantar yang mudah. Untuk menambah selera makan, sajikan rendang dengan taburan bawang goreng dan nasi putih hangat. Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana