Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 10 Agustus 2015

Siput Sedot Masak Daun Paku Riau

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Siput Sedot Masak Daun Paku Riau – Jika musim penghujan datang, maka siput sedot akan berada disepanjang aliran air. Nah, saat inilah banyak penjual siput sedot yang mulai bermunculan. Rasa siput sedot bisa dibilang cukup unik dan juga enak, sehingga kerap kali digunakan sebagai masakan yang digemari mulai dari warung pinggir jalan hingga restaurant.
Siput Sedot Masak Daun Paku Riau
Siput Sedot Masak Daun Paku Riau

Siput sedot ini biasanya ditemui didaerah yang berlumpur, karena itulah ketika membeli sis siput ini pasti aka nada banyak tanah yang menempel. Cuci bersih agar seluruh lendir dan juga lumpur yang menempel hilang sehingga si siput aman untuk dikonsumsi. Ketika memasaknya, jangan lupa untuk memotong ujung-ujungnya terlebih dahulu. Ini untuk memudahkan kita menyedotknya ketika siput olahan telah matang. Jika tidak dipotong, maka siput akan sangat sulit untuk disedot, dan tentunya ini cukup membuat kita kesal bukan. Awalnya mungkin sangat lama, namun untuk hasilnya dijamin setimpal. baca juga resep gulai siput khas tanjung pinang 

Nah, salah satu masakan yang cocok diolah dengan siput sedot ini adalah daun paku. Dengan rasa khas daun paku dan campuran beberapa bumbunya, dipastikan ini menjadi kombinasi rasa gurih dan manis. Mulai penasaran bagaimana caranya mengolah siput sedot? Cek resepnya dibawah ini!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat siput sedot masak daun paku.
Siput sedot yang telah dipotong pada ujungnya sebanyak 1 kg
Daun paku 2 ikat pucuk
Bawang Bombay 1 buah yang diris
Bawang putih 3 siung diiris
Udang besar kering 2 buah yang diiris tipis
Halia ¾ inci yang diiris
Cabai rawit 10 biji, iris tipis (sesuai selera)
Serai 1 batang yang dimemarkan
Santan kental 200 ml
Air, garam dan serbuk kunyit secukupnya

Cara membuat siput sedot masak daun paku
Bersihkan siput sedot lalu tiriskan
Siapkan air untuk merebus siput sedot lalu masukkan siput, bumbu (bawang merah, bawang putih, bawang Bombay, cabai, halia, udang kering yang telah ditumis), serai dan juga serbuk kunyit.
Aduk hingga bumbu tercampur.
Masukkan santan kental kedalamnya dan tunggu hingga mendidih.
Aduk terus agar santan tidak pecah.
Masukkan daun paku dan masak sekitar 3 menit.
Masukkan garam, gula dan penyedap ketika pucuk daun paku telah layu.
Angkat dan sajikan

Jadi, cukup mudah bukan cara untuk membuat siput sedot masak daun paku diatas? cukup siapkan daun paku dan juga beberapa bahan lainnya dan sajian siput sedot siap untuk disantap. Nah, agar maksimal, rendang siput sedot dalam air payau selama dua hari agar semua lendir didalamnya keluar. Air rendamannya diganti tiga kali dalam sehari. Selamat mencoba! baca juga resep siput gongong khas riau

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D