Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 03 September 2015

Resep Membuat Dorokdok Khas Garut

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Dorokdok Khas Garut – Dorokdok. Bunyinya seperti suara orang mengetuk pintu. Tapi herankah Anda jika nama ini dipakai untuk menamai sebuah makanan khas di Indonesia? Lucu sekali, pasti itu komentar orang yang pertama kali mendengarnya. Dorokdok yang merupakan jajanan khas Garut, Jawa Barat ini merupakan krupuk kulit sapi atau orang Jawa biasa menyebutnya rambak. Rambak atau dorokdok di Jawa Timur dengan Jawa Barat tentunya berbeda. Dorokdok mempunyai ciri khas tersendiri soal rasa dan kerenyahannya.

Makanan ini cocok dimakan dengan mie ayam atau bakso. Bisa juga sebagai lauk tambahan untuk makan siang. Bisa dimakan secara langsung maupun dicocol sambal. Di pusat oleh-oleh, dorokdok sangat mudah dijumpai. Cita rasanya yang khas membuat kebanyakan orang membelinya sebagai oleh-oleh keluarga di kampung. Karena rempah-rempahnya yang cocok di lidah, setiap zaman berubah penikmatnya selalu bertambah. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Karena kerenyahannya dan jika diolah dengan benar, dorokdok ini tidak akan keras, melainkan mudah digigit. Silahkan coba sendiri jika Anda belum pernah mencobanya. Kalau Anda sudah tertarik, baca resep dorokdok khas Garut ini sampai selesai.

Dorokdok Khas Garut
Dorokdok Khas Garut 
Tapi kalau Anda penasaran bagaimana cara membuatnya, bisa saja dilakukan di rumah Anda. Anda mulai senang, bukan karena bisa membuatnya sendiri? Itulah kelebihan kalau bisa mengolahnya sendiri. Kita tidak perlu repot-repot untuk mencari ketika ingin memakannya. Lagipula resep dorokdok khas Garut ini akan menuntun Anda untuk mengolahnya sebagai hidangan yang istimewa.

Bahan:

  • 1 kg kulit sapi
  • ½ ons Garam
  • ¼ ons gula
  • ¼ ons bawang putih
  • Air kapur secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kulit sapi dan rendam dalam air kapur selama dua hari, atau kurang lebih 48 jam.
  2. Kerok bulu-bulunya dengan pisau.
  3. Jemur kulit yang sudah hilang bulunya dengan cara membentangkannya.
  4. Apabila sudah kering, potong kulit dengan ukuran sesuai selera atau bisa 5 x 3 cm. Sisihkan
  5. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, gula dan garam. Buat bumbu yang sudah dihaluskan untuk merebus potongan kulit tadi.
  6. Biarkan sampai matang (kulit transparan) dan meresap bumbu-bumbunya. Tiriskan.
  7. Jemur sampai kering.
  8. Kalau sudah kering berarti siap untuk digoreng.
  9. Penggorengan tahap pertama dilakukan di bara api yang kecl sampai kerupuk mekar. Kemudian tiriskan
  10. Penggorengan kedua di atas bara api yang besar. Minyak goreng mendidih atau bergejolak. Biarkan sampai mekar. Angkat dan tiriskan.
  11. Dorokdok siap untuk dinikmati.
Proses yang lama tersebut akan menghasilkan kerupuk dorokdok yang enak dan renyah. Bunyi dorokdok di mulut ketika dikunyahlah yang membuat hidangan ini dinamai demikian. Baca Juga : Resep Membuat Kue Burayot Khas Garut

Sekedar tips bagi Anda yang ingin menjual kerupuk dorokdok. Jangan langsung mengemasnya ke dalam plastik setelah di goreng. Biarkan dingin terlebih dahulu agar kerenyahannya tetap terjaga. Sekian resep dorokdok khas Garut, dan nantikan resep olahan khas Indonesia berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana