Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 September 2015

Resep Membuat Kue Klenyem Khas Jepara

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Klenyem Khas Jepara – Orang Jawa pasti sudah tidak asing dengan kue yang satu ini. Seperti getuk, cenil dan dodol, makanan ini juga sering ditemui di pasar tradisional. Dengan harga Rp1.000 Anda sudah bisa menikmati kue ini. Biasanya orang menyajikan klenyem untuk acara-acara tertentu, seperti pengajian, tasyakuran, dan lain sebagainya. Rasanya yang enak dan mengenyangkan membuat setiap orang menikmatinya ketika waktu sarapan pagi.

Klenyem sendiri terbuat dari bahan singkong yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Semua orang, khususnya orang desa, pasti akan mengakui kelezatannya. Tidak akan kalah dengan makanan siap saji yang biasa dinikmati orang kota. Lagipula klenyem ini juga sangat menyehatkan karena dibuat dari bahan-bahan alami. Dengan menggunakan resep kue klenyem khas Jepara, Anda dapat menciptakan hidangan terlezat ini di rumah.
Kue Klenyem Khas Jepara
Kue Klenyem Khas Jepara
Cukup ikuti langkah-langkah yang ada dalam resep kue klenyem khas Jepara, dan Anda nanti tidak akan bingung mau memulainya dari mana. Terutama bagi Anda pemula, membaca resep sangat diperlukan.

Bahan:

  • ½ kg singkong
  • ¼ biji kelapa setengah tua
  • 125 gram gula merah, sisir
  • 50 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Klenyem:

  1. Kupas singkong yang telah disiapkan, kemudian cuci sampai bersih.
  2. Parut singkong tersebut sampai halus.
  3. Campurkan parutan singkong dengan kelapa yang sudah diparut, beserta garam dan gula pasir. Aduk sampai merata.
  4. Setelah berbentuk seperti adonan, ambil dan pipihkan lalu isi dengan gula merah yang sudah disisir secukupnya.
  5. Bulat-bulatkan sesuai selera. Atau Anda bisa membentuknya oval maupun lonjong.
  6. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis.
  7. Panaskan minyak dan goreng klenyem sampai matang serta berwarna coklat kemerah-merahan. Angkat dan tiriskan
  8. Sajikan di piring saji dan klenyem khas Jepara siap dinikmati.

Nikmati ketika sudah sedikit hangat bersama kopi atau teh. Kalau bisa, Anda buat kopi tanpa gula. Supaya ketika Anda menggigit klenyem dan menyeruput kopi setelahnya, ada perpaduan rasa yang nikmat dan sensasi yang tertinggal di lidah. Lebih lengkap jika dimakan bersama keluarga di rumah. Kue klenyem ini sangat cocok untuk anak Anda. Daripada memberinya makanan cepat saji yang berbahaya bagi kesehatan, lebih baik klenyem saja yang menyehatkan. Dibuat sendiri pula oleh Anda dengan resep kue klenyem khas Jepara. Baca Juga : Resep Membuat Kue Keciput Khas Jepara
Sekian resep kue klenyem khas Jepara. Bagi Anda yang menyukai dunia masak, kue ini sangat cocok untuk yang baru memulainya. Selain mudah pembuatannya, hasilnya pun akan menarik untuk disuguhkan di berbagai acara. Jangan lupa berlatih dan mengasah kemampuan Anda di bidang memasak. Selamat menikmati dan salam koki!

1 komentar:

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D